ALTITUDE 3159 MIQUELII: MEMBEBERKAN MANFAAT LAIN DARI KOPI

Sumber Gambar: Pixabay

Oleh: Danz Chisaemaru*

Lukman menghirup kopinya dengan santai. “Karena kopi bukan hanya sebuah kenikmatan. Kopi adalah tantangan dan keberanian.” Altitude 3159: Miquelii, hal. 171.

Kalimat tersebut adalah petikan yang menarik perhatian saya. Bukan karena di dalam novel besutan Azzura Dayana ini tak ada kalimat menarik lainnya, bukan. Bahkan ada banyak sekali kalimat yang memotivasi dan mengandung pesan moral untuk pembaca. Namun, sebagai seorang penikmat kopi, saya memang selalu tertarik dengan pesan ataupun kata bijak yang berhubungan dengan kopi. Tak cukup sampai di situ, di novel ini juga membeberkan ragam manfaat lain dari kopi. Tak ayal, Altitude 3159: Miquelii berhasil membuat saya jatuh hati.

Novel setebal 288 halaman ini sejatinya menceritakan perjuangan Fathan mengejar cinta masa kecilnya setelah beberapa tahun terabaikan. Namun, saat dewasa ia baru tersadar adanya perasaan yang tumbuh di hatinya, kepada sahabat kecilnya, yang ia sebut malaikat.  Fathan lelaki penuh pemikiran eksak yang suka dengan keindahan perkotaan. Fakta itu berbanding terbalik dengan wanita pujaannya yang lebih suka hidup sebagai penikmat alam dan menjelajah hutan. Demi mendapatkan wanita tambatan hatinya, ia rela melakukan perjalanan yang belum pernah terbayangkan. Menjelajahi hutan dan mendaki gunung yang terkenal di Sumatera Selatan, Gunung Dempo.

Dari awal cerita, pembaca disuguhi  keindahan alam yang mau tak mau langsung masuk ke dalam imajinasi kita. Apalagi ketika bercerita tentang perjalanan pendakian Gunung Dempo, pembaca langsung diajak merasakan suasana yang ada di sana. Dinginnya udara Kota Pagaralam, tervisualisasi dengan baik. Ditambah lagi keindahan alam yang diungkapkan dengan bahasa apik,  membuat pembaca merasakan keindahan tersebut saat membaca. Bagi saya pribadi yang juga pernah mendaki Gunung Dempo, cerita dalam novel ini terasa nyata, bahkan saya bisa membayangkan setapak demi setapak perjalanan pendakian hingga tahu benar posisi yang diceritakan. Keindahan puncak gunung pun begitu elok, serasa  ikut serta menapaki pendakian. Ya, ini seperti yang pernah saya alami ketika mendaki dulu.

Altitude 3159: Miquelii tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta seorang pemuda saja, ada pula kisah mistis sebagai penyedap cerita yang diambil dari kisah nyata para pendaki. Banyak konflik disajikan dalam novel ini terasa sangat nyata, membuat pembaca enggan berhenti untuk membuka lembar demi lembar agar segera tahu seperti apa ujung ceritanya. Apalagi ketika dalam perjalanan pendakian itu Fathan sang tokoh utama tak pernah mendapat respons positif dan selalu diabaikan oleh Hilda pujaan dari masa kecilnya, semakin membuat pembaca penasaran apa yang akan terjadi di ujung cerita. Saya pun beberapa kali menerka cerita, namun beberapa kali pula salah sangka.

Untuk yang ingin tahu lebih lengkap ceritanya segera baca novelnya. Dijamin tidak akan kecewa. Selamat membaca.

 

*Penulis adalah aktivis FLP Sumsel, penikmat kopi, pendaki gunung. 


ALTITUDE 3159 : MIQUELII


Judul               : Altitude 3159 : Miquelii

Penulis             : Azzura Dayana

Tebal               : 288 halaman

ISBN               : 978-602-495-252-5

Adakah perjalanan paling menantang, selain petualangan mengejar cinta seorang malaikat?

Hilda, malaikatnya Fathan, telah berubah dari seorang putri jelita bak boneka kristal menjadi petualang tangguh. Dunia masa kecil mereka kini bertolak belakang: Hilda dengan berbagai petualangan di pelosok rimba hingga ketinggian gunung-gunung, Fathan yang tenggelam di lingkup kemegahan gedung-gedung tinggi dan gemerlap teknologi. Namun, ada janji-janji masa lalu yang tiba-tiba muncul sebagai kenangan, lantas menjelma sebagai tekad di dada Fathan.

Dari Patuha, Pagaruyung, hingga Pagaralam seorang Fathan mengejar. Lantas, bersama Hilda dan timnya, ia putuskan ikut mendaki salah satu gunung paling menggentarkan di negerinya. Dunia yang satu kali pun belum pernah ia jajaki. Lalu ketika muncul pula seorang bidadari lain di lembah antara dua puncak Dempo, masihkah mimpi lamanya bisa diraih?

2 thoughts on “ALTITUDE 3159 MIQUELII: MEMBEBERKAN MANFAAT LAIN DARI KOPI

  1. Danz Chisaemaru says:

    Waaah terima kasih kak sudah dipublikasikan 😍

    1. Sama-sama Kak… Ditunggu resensi berikutnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *