ANTARA SAHABAT, MENDOAN, DAN JILBAB

Sumber Gambar: Pixabay

 

Oleh: Thomas Utomo*

Persahabatan merupakan topik menarik dan seakan tidak ada habisnya untuk dikupas. Seperti halnya isi novel Rahasia Persahabatan ini. Dalam pusat cerita, dikisahkan persahabatan platonik antara Irina dan Pertiwi.

Pertiwi adalah siswa baru di SD Bina Bangsa. Lewat bantuan Irina, Pertiwi bisa lebih nyaman belajar dan merasa cepat diterima di tempat baru. Dua gadis praremaja ini pun semakin dekat dan akrab. Mereka saling mengunjungi rumah masing-masing. Namun, tidak jauh beda dengan orang-orang lain, persahabatan keduanya pun dibungai salah paham dan berujung saling ‘mengabaikan’.

Misalnya, Irina membelikan jajan untuk Pertiwi. Namun Pertiwi tidak tahu kalau dibelikan jajan. Dia justru pergi ke perpustakaan bersama teman lain, tanpa memberi tahu lebih dulu. Irina jengkel dibuatnya (halaman 16-19).

Pada saat berbeda, Pertiwi menolak ajakan Irina untuk jajan ke kantin. Sebab, dia membawa bekal makanan dari rumah. Irina merasa ada ganjalan di perasaannya: Mengapa sebelumnya Pertiwi tidak memberi tahu dan mengajak Irina, sehingga bisa sama-sama membawa bekal dan dimakan bareng pada jam istirahat? (halaman 80-83).

Di lain waktu, Irina marah karena Pertiwi dimintai tolong guru untuk membawakan buku-buku teman sekelas dari kantor. Biasanya Irina-lah yang diberi tanggung jawab itu (halaman 92-93).

Padahal, sementara itu, tanpa Irina tahu, Pertiwi sedang gencar-gencarnya berhemat uang saku. Tujuannya tidak lain agar bisa memiliki cukup dana untuk membelikan kerudung buat Irina. Pertiwi bahkan rela memecahkan celengan dan berjualan mendoan di stasiun agar bisa segera mendapat uang yang dia perlukan (halaman 56-59, 101-102, 111-112, 133-134).

Salah paham membuat komunikasi Irina dan Pertiwi macet, bahkan beku sampai kemudian terjadi kecelakaan yang memecahkan kesalahpahaman yang beku tersebut.

Mengkhatamkan novel ini, membuat kita menemukan dua kata penting—selain topik sahabat—yakni mendoan dan jilbab. Ketiganya—sahabat, mendoan, dan jilbab—saling bersambungan satu sama lain dan menjadi kunci utama cerita.

Akhirnya, membaca novel ini menimbulkan kenikmatan tersendiri. Seandainya, nama di sampul dan bagian Biodata Penulis dihapus, bukan tidak mungkin pembaca mengira novel ini dianggit seorang perempuan. Sebab, isinya manis sekali. Sederhana namun apik. Konten dan cara penuturannya halus mengelus. Atau menurut bahasa kekiniannya: Girly banget! Sangat pantas dibaca dan dikoleksi.

*Thomas Utomo adalah guru SDN 1 Karangbanjar, Purbalingga, Jawa Tengah. Menulis novel Petualangan ke Tiga Negara  yang diterbitkan Indiva Media Kreasi. 


RAHASIA PERSAHABATAN


Judul          :      Rahasia Persahabatan

Pengarang  :      Rokhmat Gioramadhita

Penerbit      :      Indiva Media Kreasi

Cetakan      :      Pertama, April 2016

Tebal          :      144 halaman

ISBN          :      978-602-6334-17-6

 

Kriuk … kriuk.

Perut Pertiwi berbunyi. Cacing di perutnya minta segera dikasih makan.

“Ternyata lapar juga kalau nggak jajan,” pikir Pertiwi.

Namun, ini demi memberi hadiah untuk Irina. Jika masih bisa diusahakan, kenapa tidak? Selama ini Irina sudah sangat baik kepadanya. Sedikit menahan lapar tidak apa-apa. Demi Irina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *