BERPRASANGKA DALAM KUMCER PECI “JANGAN SUKA BERBURUK SANGKA”

Berbicara soal prasangka, tentu perkara ini akrab banget dengan kita dong ya…. Prasangka adalah pendapat yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui (menyaksikan dan meneliti) sendiri. Dalam bidang psikologi prasangka dijelaskan sebagai pendapat atau sikap yang berlandaskan emosi sehingga tidak terbuka terhadap alasan yang berlawanan atas apa yang diyakini. Prasangka adalah sikap dan perilaku yang cukup ‘berbahaya’ karena dapat menggiring kita pada anggapan yang salah pada orang atau kelompok tertentu. Anggapan yang salah dapat menjerumuskan kita pada tindakan negatif seperti perisakan, penghinaan, merendahkan orang lain, diskriminasi, pengucilan, bahkan kekerasan fisik.

Prasangka juga dapat merusak jiwa. Dengan derasnya arus prasangka yang berdiam dalam diri, kita akan mudah mencari-cari kesalahan orang lain. Mudah mendendam, kurang produktif lantaran mencari pembelaan terhadap diri dengan terus menyalahkan orang lain. Prasangka memupuk sikap pengecut yang barang tentu melemahkan semangat hidup kita.

Kumcer PECI terbaru mengangkat tema ini dengan judul Jangan Suka Berburuk Sangka. Cerpen yang dipilih menjadi judul utama kumcer ini adalah karya Aida Shazie, bercerita tentang Naya yang curiga pada Bundanya. Naya berpikiran, Bunda tidak sayang padanya karena Bunda selalu saja mengomelinya. Karena kesal, Naya memberanikan diri untuk kabur sejenak dari rumah. Naya pergi ke hutan belakang area perumahannya. Di tengah pelariannya Naya bertemu seorang nenek tua yang seram. Naya berpikir, bisa saja nenek itu adalah seorang dukun! Hiii… Naya ketakutan sendiri.

Selain cerpen Jangan Suka Berburuk Sangka, ada 12 cerpen lain dengan beragam topik. Al Fatikhahu Syahadah, Ukasyah Ammar Robbani, Arina Rasyada mengajak kita untuk peduli pada orang-oarang di sekitar dalam cerpen Gembus Nenek Tua , Biru,  Gara-Gara Utang. 


PROFIL BUKU


 

Judul                                      : Jangan Suka Berburuk Sangka

Penulis                                     : Zahwa Sana Fadhillah, Aida Shazie, Al Fatikhahu Syahadah, Alifa Suci Parameswati, Arina Rasyada, Ghilman Fadhlil Azhim Tasya, Ghisya Sauqina Rosyada, Khonsa’ Al Khansa’, Zata Yumni Adania Tarisa Iskandar.

Isbn                                          : 978-602-5701-17-7

Lini                                           : PECI

 

 

Naya kesal pada Bunda. Kok Bunda nggak ada capek-capeknya ngomelin Naya ya? Sebenarnya Bunda sayang nggak sih sama Naya? Begitu pikir Naya. Akhirnya, Naya pergi ke hutan untuk membuktikan, apakah Bunda sayang padanya atau tidak. Naya ingin melihat apakah Bunda mengkhawatirkannya.

Diam-diam Naya kabur ke tengah hutan. Di hutan naya bertemu nenek-nenek. Naya ngeri sendiri mengingat cerita Alifa. Konon ada dukun perempuan yang tinggal di hutan itu. Siapa sebenarnya si nenek? Benarkah ia seorang dukun? Dan apakah perasaan Bunda saat tahu Naya tidak ada di rumah?

Nah, teman-teman cari tahu kisah selengkapnya di buku ini. Ada juga cerpen-cerpen lain yang tidak kalah menarik. Selamat membaca…


DAFTAR ISI


 


PARA PENULIS


Aida Shazie

Assalamu’alaikum! Namaku Ashazie. Yeah, bisa dibilang nama pena, sih. Eh, tapi namaku beneran, ding. Aida itu nama panggilanku sejak kecil sampai saat ini, sedangkan Ashazie itu singkatan dari nama lengkapku (aSma’ HuwaidA ZamI). Nahh, bagaimana? Aku alumni MI Miftahul Ulum Sarang sekaligus alumni PonPes Nurul Ulum Bantul. Sekarang aku mengenyam pendidikan di PPTQ Ibnu Abbas Klaten. Tahu, kan? Yosh, baguslah kalau kalian tahu.

Aku tipe orang yang kelihatannya pendiam, tapi kalau sudah kenal jadi pandai bicara, kata teman-temanku, sih. Aku tinggal di Perumahan Bumi Farrel Indah A-12 Randusari, Teras, Boyolali. Yang mau silaturahmi, silakan! Oya, juga kalau ada yang mau bersapen denganku. Tapi kalau liburan aja, yaa, soalnya biasanya aku di pondok. Aku adalah si Sulung dari tiga bersaudara. Cita-citaku ingin menjadi hafidzah (doakan, ya!), penulis, psikiater, dan anak yang birrul walidain. Oh, ya, ada yang punya FB alias facebook? Boleh, tuh berkenalan denganku di FB-ku: Aida Ashazie. Sekian dulu dariku. Wassalamu’alaikum.

 

Zahwa Sana Fadhilah

Assalamu’alaikum

Namaku Zahwa Sana Fadhilah. Biasa disapa Zahwa. Aku lahir di Purworejo, 5 Desember 2006 dari mama Winarnie dan papa Hery Oktafiandi. Sekarang aku tercatat sebagai siswa kelas VI SDN Tirtodranan, Purworejo. Hobbyku selain menulis cerita yaitu membaca dan juga menggambar, sekarang lagi suka banget menggambar komik.

Klo teman-teman mau menyapa, berkenalan dan bersahabat denganku bisa berkirim surat lewar email winzahwa@gmail. com. Oh iya jangan lupa berkunjung ke blogku http://zahwasana. blogspot. co. id/.

 

Al Fatikhahu Syahadah

Assalamu’alaikum

Hai, kenalkan namaku Al Fatikhahu Syahadah. Aku adalah siswi kelas 2 Sdit Ulul Albab 01 Purworejo. Aku tinggal bersama Umi dan abinya juga dua adik di desa Kesawen, Purworejo. Hobiku membaca dan membuat cerita. Sejak TK, aku sudah berlangganan majalah anak dengan isi cerpen. Aku bisa dihubungi di no. 085 647 427 564 atau melalui email sribandiyah87@gmail. Terima kasih.

 

KHONSA’ AL HASNA’

 

Assalamu’alaikum

Hai, namaku KHONSA’ AL HASNA’. Aku biasa dipanggil HASNA. Aku lahir di SURAKARTA, 23 MEI 2003. Hobiku membaca, menulis dan menggambar. Cita-citaku ingin menjadi penulis dan professor. Kalau ingin berkenalan dengangku, kirim pesan aja ke EMAIL trias006@gmail. com.

 

Alifa Suci Parameswati

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Halo namaku Alifa Suci Parameswati. Atau biasa dipanggil Ifa. Sekarang aku duduk di kelas 8 SMP Al-Izzah Batu Malang. Tiga belas tahun lalu aku dilahirkan di kota Batam, tepatnya tanggal 27 Oktober 2004. Sejak kecil aku suka menulis dan beberapa kali mengikuti lomba menulis. Berturut-turut 2013, 2014, dan 2015 aku mengikuti KPCI yang diadakan Kemendikbud bekerjasama dengan penerbit Mizan. Karyaku yang sudah terbit: Boarding Scholl, Yes! (Mizan, 2016) dan beberapa anthology. Aku senang berteman dengan siapa saja. Ini alamat emailku: alifasucip10@gmail. com.

 

Arina Rasyada

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai teman-teman! Perkenalkan, namaku Arina Rasyada. Biasa dipanggil Arin. Aku lahir di Lamongan, 16 Mei 2007. Saat ini aku duduk di kelas 5 SDIT Nur Hidayah Surakarta. Hobiku membaca dan menulis. Aku bersyukur dan senang banget lho, ini adalah karya pertamaku yang terbit. Semoga menjadi motivasi bagiku untuk menghasilkan karya-karya selanjutnya.

 

Ghilman Fadhlil Azim Tasya

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ghilman Fadhlil Azim Tasya, biasa dipanggil Ghilman. Memiliki saudara kembar bernama Fityan, kami sama-sama suka menulis dan membaca. Bercita-cita ingin menjadi orang yang bermanfaat dan menjadi penulis yang karyanya bisa membawa manfaat. Ingin membanggakan Nenek.

 

Ghisya Sauqina Rosyada

Assalamualaikum wr. wb

Perkenalkan, nama aku Ghisya Sauqina Rosyada,akrab dipanggil Ghisya. Lahir di Pekalongan, 11 Oktober 2004. Kini aku duduk di bangku kelas 8 di SMP Al Hikmah 2. Sampai sekarangpun aku masih nyantri di pondok pesantren Al Hikmah 2 benda Sirampog,Brebes. Hobiku yang paling utama ialah cobain sesuatu yang baru,seru dan menarik. cita-citaku jadi Penulis, Hafidzoh, dan Sutradara (Produser Film)

Sebelumnya Cerpen Karyaku dimuat di buku Teman sampai Ke Surga (PECI 2016) hubungi aku di Facebook : Ghisya Sauqina Rosyada.

 

Ukasyah Ammar Robbani

Assalamu’alaikum, teman-teman ….

Halo! Namaku Ukasyah Ammar Robbani. Kalian semua boleh memanggilku Ukasyah. Sekarang aku duduk di kelas 5-A, SD Al-Fityan School Tangerang. Aku lahir di Tangerang, 22 April 2007, dengan umur sekarang yang sudah 10 tahun. Hobiku membaca buku, menulis cerita, menggambar, dan berkreasi. Aku bercita cita ingin menjadi Penulis dan berharap untuk bisa mencapainya.

Bagi kalian yang ingin memberikan kritik dan saran, atau sekadar menyapa, bisa lewat Facebook: Ukasyah Ammar R, atau email: ukasyahammarr@gmail. com. Oh iya, kunjungi juga blog-ku di: www. ukasyahlittlewriter. blogspot. com.

Sekian dariku, semoga bisa bertemu denganku kembali di bukuku selanjutnya.

 

Zata Yumni Adania Tarisa Iskandar

Assalamu’alaikum…

Hai, namaku Zata Yumni Adania Tarisa Iskandar, tapi kamu bisa panggil aku Zata. Aku lahir pada tanggal 14 Desember 2004 di Sukoharjo. Ayahku bernama Mohamad Arief Iskandar dan ibuku bernama Nurul Chomaria. Keduanya top banget dan merupakan tokoh idolaku. Kami tinggal di perumahan Griya Yasa, Gentan, Baki-Sukoharjo. Alhamdulillah selain menjadi pelajar, aku juga seorang penulis. Alhamdulillah sudah banyak bukuku yang terbit.

Selama tahun 2016, aku banyak memenangkan perlombaan menggambar baik di tingkat Kabupaten Sukoharjo maupun di tingkat Kota Surakarta. Bagi teman-teman yang ingin berkenalan lebih dekat, bisa interaksi denganku di email: zata. yumni471@yahoo. com atau add FB: Zata Yumni Adania Tarisa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *