Cantikmu Pilihanmu

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik – baiknya perhiasan adalah wanita salihah” (HR. Muslim ). Hadist yang dikutib dari buku inilah yang menjadi titik awal membukanya mata hati kita untuk melihat kecantikan yang sempurna yang hanya akan dimiliki oleh perempuan yang salihah. Tidak akan ada yang mengalahkan kecantikannya karena dialah yang terindah di muka bumi ini.

Hal yang menjadi pandangan penulis, dia merasa perlu menjadi penuntun jalan kebenaran bagi perempuan. Oleh karena itu, terciptalah buku berjudul Buku Asyik Si Cewek Cantik, karya penulis muda Asri Istiqomah. Buku ini memuat curahan hati dan harapan Asri yang ditujukan kepada kaum perempuan, yang diharapkan mampu memberikan motivasi kepada kaum perempuan untuk senantiasa merawat, dan melestarikan kecantikan yang telah dianugerahkan Allah kepada hamba-Nya, tanpa menodainya dengan hal negatif yang akhirnya mendatangkan bencana bagi mereka.

Asri Istiqomah adalah penulis muda yang terkenal dengan kecerdasan, dan kreativitasnya. Perempuan yang lahir di Sragen, 29 September 1985 ini bakatnya sudah terlihat sejak kecil. Saat TK Asri sangat suka membaca berbagai macam bacaan sehingga mampu mengantarkannya meraih ranking tiga besar sejak SD hingga SMA. Pintar bukan? Selain itu Asri juga tergabung dalam Remaja Masjid dan Rohis. Hingga pada tahun 2008 Asri menyelesaikan kuliahnya di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS).

Dari situ dimulailah dunianya sebagai seorang penulis dengan bekal seadanya. Namun, seiring waktu berjalan kemampuan menulisnya semakin terasah sempurna. Hingga dia pernah menjadi redaktur Majalah Gizone dan sukses menerbitkan buku pertamanya berjudul Buanglah Pacar Pada Tempatnya yang merupakan hasil kerjasamanya dengan Afifah Afra dan Aries Adenata. Buku pertamanya ini mendapat respon baik dari pembaca.

Wanita yang pada tahun 2012 menjabat sebagai Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Solo ini, masih aktif menulis di media massa, bahkan dia mampu menerbitkan buku keduanya. Buku berjudul Buku Asyik Si Cewek Cantik, dengan isi berbobot yang cenderung berasal dari artikel-artikel yang pernah ditulisnya yang disempurnakan sehingga isi buku semakin ringan dan renyah untuk dibaca. Tidak heran jika buku ini memasuki cetakan ketiga.

Dalam bukunya yang berjudul Buku Asyik Si Cewek Cantik ini penulis lebih mengarahkan pembaca memahami poin-poin isi buku dengan cara menampilkan tips dan trik yang menjelaskan bagaimana cara menjadi perempuan yang cantik, asyik, dan tentunya tanpa meninggalkan identitasnya sebagai muslimah yang taat pada Allah. Cantik? Itu ya, yang punya badan tinggi semampai, putih, enak dipandang. Berlebihan sekali. Padahal cantik itu konteksnya luas, jadi bukan hanya fisiknya yang cantik, tapi hatinya juga cantik, cerdas otaknya, dan terampil dalam rumah tangga pastinya. Itu yang namanya calon istri idaman.

Buku ini membahas tentang adanya salah penafsiran dalam hal kecantikan yang harus diluruskan. Sekarang ini sering kita temukan perempuan yang berusaha tampil cantik menawan, namun entah apa tujuan mereka yang sebenarnya. Untuk beribadah atau untuk yang lainnya? Adanya salah penafsiran arti cantik yang sebenarnya, menyebabkan perempuan muslim rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli obat atau melakukan perawatan tanpa memikirkan efek yang ditimbulkannya kelak. Sudah mengeluarkan uang banyak tapi bukannya cantik malah sebaliknya. Untuk itu pula buku ini hadir, membawa angin segar tentang cara perawatan badan yang mudah, murah, dan alami tentunya.

Adanya penafsiran yang salah bahwa cantik itu berkulit putih, membuat mereka berbondong-bondong untuk memiliki kulit putih dengan berbagai cara. Padahal mereka salah, karena kecantikan sesungguhnya adalah kecantikan yang keluar, memancar dari diri perempuan karena akhlaknya mulia. Tampil percaya diri, mampu mengendalikan emosi, mampu memotivasi dirinya dan orang lain, serta mempunyai aura yang menyenangkan adalah sifatnya. Perempuan dengan sifat seperti itu akan dicintai anak-anaknya kelak, membanggakan suami, serta menjadi rekan kerja yang menyenangkan.
Pembahasan lainnya, tentang bentuk tubuh perempuan yang sering menjadi masalah terutama kegemukan. Kebanyakan perempuan merasa tidak percaya diri, bahkan malu apabila bentuk tubuhnya tidak ideal alias gemuk. Hingga mereka berani melakukan apapun demi mencapai bentuk tubuh ideal. Buku ini memberikan tips untuk memiliki bentuk tubuh ideal, yaitu dengan niat tidak ingin gemuk karena cinta kepada tubuhnya dan ingin hidup sehat serta bahagia, maka secara otomatis tubuh akan mengatur dirinya untuk tidak melakukan hal yang tidak sehat. Seperti pepatah mengatakan, “mensana in corporesano” artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Setuju!

Dan tidak ketinggalan, masalah fashion islami. Perempuan muslim yang salihah akan mengenakan pakaian yang sopan. Namun, tidak jarang perempuan muslim yang berpakaian namun sebenarnya telanjang. Contohnya perempuan yang berjilbab, namun pakaiannya tipis atau ketat sehingga terlihat lekuk tubuhnya. Dalam sebuah hadist dikatakan, “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat. Satu, suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia. Dan dua, para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita itu tidak, akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian”(HR,Muslim no. 2128).

Untuk itu, buku ini mengajak perempuan muslim untuk mengubah cara berpakaian mereka menjadi berpakaian sesuai syariah. Secara umum, pakaian yang sesuai syariah adalah pakaian yang menutupi seluruh aurat dengan ukurannya yang cukup besar sehingga tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Ada tips nih, keberanian memainkan warna dan kemahiran memadukan warna dan corak pakaian yang kita kenakan, akan membuat penampilan semakin menarik. Sehingga tidak perlu khawatir penampilan kita akan dianggap kuno.

Buku ini juga memberikan solusi untuk masalah yang berkaitan dengan kulit, rambut, bau badan, dan bau yang lainnya. kita harus tahu tentang jenis-jenis kulit beserta cara perawatannya karena jenis kulit yang satu dengan yang lain membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Untuk itu tentulah harus mengetahui keadaan bagian tubuh kita, dengan begitu kita akan lebih cerdas memilih yang terbaik untuk kita. Untuk merawat tubuh tidak harus dengan obat kimia, karena sebenarnya di alam sudah tersedia melimpah, hanya saja pemanfaatannya yang kurang.

Kecantikan itu bisa luntur apabila kebersihan tidak terjaga. Wajah cantik, badan tinggi, putih, sempurna pokoknya tapi bau badannya menyengat, ya sama saja bohong, dan itu harus segera dicari solusinya. Biasanya bau badan tidak sedap itu dipengaruhi oleh jenis makanan, kebersihan badan dari ujung kaki sampai ujung kepala, dan emosi. Jadi, buat kalian yang tidak punya masalah dengan bau badan harus bersyukur ya.

Ada kabar lagi make up bagi sebagian besar perempuan adalah penambah kecantikan, banyak yang tidak percaya diri jika tidak mengoleskan make up mahal di wajahnya. Apa benar make up bisa jadi cantik? Padahal cantik itu tidak dipengaruhi make up yang dipakai, tetapi dipengaruhi mata yang memancarkan keindahan yang bisa didapatkan saat tersenyum dengan tulus. Padahal gratis malah bisa cantik, karena saat tersenyum hanya 14 otot yang aktif sedang saat cemberut 32 otot yang aktif, sehingga orang yang sering tersenyum akan cenderung awet muda.

Perempuan dilarang melakukan kegiatan menantang? Apa iya? Kayaknya tidak separah itu. Karena di zaman sekarang malah banyak perempuan muslim yang menyukai kegiatan menantang, contohnya mendaki gunung. Islam mengizinkan perempuan melakukan kegiatan tersebut apabila dia mampu mempertahankan martabatnya sebagai seorang perempuan salihah. Berhubungan dengan hal kegiatan, apa puasa membuat tidak cantik? Tidak. Memang benar kalau wajah terlihat lemas saat puasa tapi bukan berarti, tidak dapat diatasi. Semuanya tenang, buku ini memberikan tips untuk tetap tampil cantik saat sedang puasa, lengkap sekali bukan isi buku ini.

Buku Asyik Si Cewek Cantik, judulnya cantik, punya sampul cantik pula, sederhana, penuh makna lagi, apalagi warna sampulnya menggambarkan semangat, semakin membuat sepasang mata yang melihat pasti tergoda untuk membacanya. Terus pengemasan bukunya rapi, bahasa yang digunakan juga tidak kalah bagus, serta goresan gambar kecil di setiap halaman sangat cocok dengan selera remaja. Hampir lupa, judul yang dipilih untuk bab maupun subbab juga bagus dan lucu lho. Selain itu dengan dukungan beberapa hadist di dalamnya, menjadikan buku ini semakin berbobot. Ditambah lagi dengan kata-kata mutiara yang diselipkan di dalamnya membuat buku ini semakin menarik. Jadi buat kamu-kamu yang tidak suka membaca, jangan khawatir karena buku ini disusun dengan kata-kata yang kocak dan gaul sekali, dijamin ketagihan.

Untuk perempuan di seluruh dunia, tampil cantik itu pilihan, yang akan mempengaruhi hidupmu selanjutnya. Untuk itu alangkah lebih baik jika memilih cara yang terbaik dari yang terbaik untuk mencapai kecantikan itu. Yang paling mahal itu bukan berarti yang paling baik lho, ingat itu.

Buku yang berjudul Buku Asyik Si Cewek Cantik ini Subhanallah luar biasa, bukannya berlebihan tapi memang itu kenyataannya. Kenapa? Karena buku ini adalah pencerahan batin perempuan yang ingin senantiasa cantik karena Allah, bukan karena selain Allah. Selain itu buku ini dapat menjawab berbagai permasalahan seorang perempuan, dimana tidak hanya menyalahkan tetapi, memberikan solusi terbaik yang tidak akan menjerumuskan kita ke dunia hitam. Jadi, bagi perempuan yang ingin cantik lahir dan batin saya sarankan untuk segera membaca buku ini, agar mengetahui satu per satu langkah praktis untuk menggapai kecantikan itu. Sesuai isinya, buku ini sangat cocok dibaca oleh perempuan usia remaja yang lagi senang-senangnya tampil cantik. Dijamin membawa manfaat dan tidak akan menyesal. Selamat membaca ya. Terima kasih.

Judul : Buku Asyik Si Cewek Cantik
Penulis : Asri Istiqomah
Penerbit : Indiva Media Kreasi
Kota Terbit : Solo
Tahun Terbit : Cetakan ke-3, tahun 2012
Tebal Buku : 144 hal
Ukuran Buku : 20,5 cm
ISBN : 978-602-8277-51-8
Harga Buku : Rp25.000
Peresensi: Dwi Ari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *