CHICKLIT, BACAAN FUN BUAT CEWEK USIA DUA PULUHAN

Oleh: Ree

Kamu udah berumur duapuluh-something, berkarier, dan dihadapkan pada pertanyaan ‘kapan nikah’? Wait Sist, jangan sensi dulu jika disinggung soal usia dan status, coz kita nggak akan berkeluh kesah soal dua hal itu. Here, we gonna talk about chicklit. Yep, satu subgenre fiksi yang mungkin saja kamu udah pernah baca atau at least pernah mampir ke liang pendengaran. Dan somehow aku yakin, bacaan ini bakal bisa banget relate sama kehidupanmu.

So, chicklit itu sebenarnya apaan? Chicklit adalah fiksi yang berfokus pada tokoh utama perempuan dan perkembangan karakternya sebagai individu. Istilah chicklit merupakan istilah yang dibentuk dari dua kata, yakni chick yang artinya perempuan muda dalam bahasa Inggris informal, dan lit dari kata literature.

Umumnya, novel-novel chicklit berkisah tentang perempuan modern yang hidup di kota. Sesuai namanya, tokoh perempuan utama cenderung pada tipe perempuan muda dalam rentang usia pertengahan 20-an hingga awal 30 yang aktif berkarier.

Permasalahan-permasalahan yang diangkat mencakup hubungan asmara, keluarga,  lingkar pergaulan perempuan beserta aspek sosialnya, hingga konflik di tempat kerja. Humor-humor ringan ala perempuan menjadi bumbu wajib yang membuat chicklit menjadi bacaan yang menghibur. Maka tidak mengherankan jika subgenre ini sangat populer di AS pada dekade 90-an.

Kepopuleran tersebut menarik minat pelaku industri film Hollywood untuk melayarlebarkan judul-judul populer novel chicklit. Sebutlah The Nany Diaries, Devil Wear Prada, Eat, Pray, and Love, Confessions of a Shopaholic, dll.

Chicklit bisa banget jadi pilihan bacaan untuk sejenak berekreasi di tengah kesibukan sehari-hari. Di tanah air telah banyak novel-novel chicklit yang beredar, baik terjemahan maupun yang ditulis oleh penulis lokal. Indiva sendiri punya beberapa judul seperti Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing, Fighting Son Seng Nim, dan Cinta Suci Adinda yang bisa kamu coba.


CINTA DALAM SEMANGKUK SOP KAKI KAMBING


Judul       : Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing
Penulis   : Ifa Avianty
halaman : 176
Cetakan 1: Oktober 2016
Harga      : Rp 42.000,-

“Mbak, saya pesan sop kaki kambing sama nasi. Jangan lupa cabe rawit yang banyak, terus dikasih acar timun. Minumnya es teh dua gelas, sama es batu yang banyak. Jangan gede-gede es batunya. Terus minta kerupuk kulit satu bungkus. Oh, ada empek-empek kan, Mbak? Waktu dulu saya ke sini ada soalnya.”
Brrrr. Kwek, kwek, kwek.

Si mbak tampak mencatat dengan tergesa sambil mengangguk.
“Mbak, Mbak, saya minta pergedel dua potong.”
Astaga. Ini beneran dia punya peliharaan naga di perutnya kali ya.

***

Stephanie si Putri Ketimun yang kerap patah hati, Awy sang Pangeran Naga yang dimabuk asmara, dan Gandhi si jejaka nerdy. Inilah kisah yang diduga cinta segitiga.


FIGHTING, SON SENG NIM!


Judul              : Fighting, Son Seng Nim!

Penulis            : Nuraisah H.

Penerbit          : Indiva

Cetakan          : Pertama/September 2016

Ketebalan       : 392 halaman

Harga              : Rp 59.000,-

Zona nyaman Fatima seketika terenggut. Di tahun kelimanya bekerja, dia dimutasi ke sekolah cabang. Terpaksa tinggal jauh dari calon suami serta sahabat. Dia dihadapkan pada lingkungan dan rekan baru. Segalanya mendadak canggung dan asing baginya. Namun, di titik ini pula Fatima menemui pendewasaan. Di tengah liukan kisah cintanya dengan Angga yang tak jua berujung di pelaminan, Fatima terpanggil untuk terlibat lebih jauh dalam permasalahan salah satu anak didiknya. Satu tindakannya yang lantas membuatnya bersinggungan dengan Lee Jun Ho.


CINTA SUCI ADINDA


Judul              : Cinta Suci Adinda

Penulis            : Afifah Afra

Cetakan          : 2018

Ketebalan       : 368 halaman

Harga              : Rp 75.000,-

 

Adinda ditangkap polisi? Siapa yang bisa percaya kabar itu? Adinda perawat lugu dan berhati selembut sutra. Tak mungkin dia terlibat dalam kriminalitas. Apalagi, tuduhan yang dilayangkan padanya sungguh tak masuk akal: menculik Brata Kusuma, sang penderita skizofrenia yang tak lain adalah mantan majikannya. Pria itu bagai mutiara bagi Adinda, selalu dirawat dan dijaga.

Irham, dokter jiwa ternama itu menyaksikan dengan mata kepala sendiri, betapa besar pengorbanan Adinda untuk Brata Kusuma. Rasanya mustahil dia menjadi aktor di balik penculikan Brata Kusuma. Irham memang tak percaya gadis selugu Adinda terlibat kasus pelanggaran hukum, namun di saat bersamaan, Irham mendapati hubungan yang janggal antara Adinda dan Brata Kusuma. Ya, sebuah interaksi aneh. Tak lagi sekadar hubungan pasien dan perawatnya.

Dokter Irhamudin Prasetya semakin terbebat ketidakmengertian. Bukan sekedar karena kelit kelindan kehidupan yang kian sulit dicerna, namun juga dirinya yang akhirnya menyadari, bahwa daya tarik Adinda telah membuatnya pria terhormat seperti dirinya, justru jatuh cinta pada gadis sederhana yang jauh dari standar idealnya.

Cinta Suci Adinda merupakan novel yang bertutur tentang loyalitas, totalitas, dan kesederhanaan yang menawan dari seorang perawat bernama Adinda. Selain Cinta Suci Adinda, sebuah novelet cantik berjudul “Oikos” pun dipersembahkan Afifah Afra dalam buku ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *