CINTA YANG MESTI DIPERJUANGKAN

 

Sumber Gambar: Pixabay

Oleh: Supadilah

Yunan telah lama memendam perasaan pada Silmi. Gadis cantik dan kalem yang mempesona. Silmi rekan kerjanya. Mereka satu kantor. Semakin lama semakin besar pula perasaannya itu.  Namun cintanya kandas. Sebab Silmi akan menikah dengan Daniar, temannya juga, walaupun beda kantor. Bahkan dia dengan Daniar sangat akrab. Yunan pula yang menemani Daniar bertemu kedua orang tua Silmi untuk melangsungkan pernikahan.

 

Karena satu insiden, pernikahan Daniar dan Silmi batal. Padahal, ayah Silmi sangat berharap anaknya itu segera menikah. Namun bagaimanapun juga, Daniar tak bisa menikahi Silmi. Lalu Yunan menggantikan Daniar. Itu mudah saja. Sebab sejak lama Yunan memimpikan itu. Persoalannya, tidak mudah untuk Silmi. Dia tidak bisa menerima pembatalan mendadak itu. Tapi dia tidak berani juga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada ayahnya.  Silmi pun heran, bagaimana Yunan bisa semudah itu mengajukan diri menjadi suaminya. Mereka pun menjalani pernikahan yang tak terduga.

Secara karakter, mereka berbeda. Yunan orangnya ceroboh tapi kocak dan penuh canda. Berkebalikan dengan Silmi yang rapi dan teratur serta serius. Silmi si Perfect.

 

Tidak mudah bagi keduanya menjalani kehidupan sesudah pernikahan itu. Bahkan Silmi mengharuskan mereka belum satu rumah dulu, termasuk menghindari rekan sekantor mereka yang pasti akan terkejut dengan apa yang terjadi. Mereka pun bersikap seolah-olah belum menjadi suami isteri. Tidak boleh ada interaksi yang mencolok.

Perlahan perjalanan pernikahan mereka tak seindah yang diangankan.

Silmi ternyata justru semakin dengan dengan Daniar. Sosok yang hampir menjadi suaminya, batal dalam beberapa jam saja. Inilah yang membuat Yunan cemburu. Dalam menghadapi berbagai permasalahan, Silmi lebih memilih meminta pertimbangan dari mantan calon suaminya itu ketimbang pada Yunan. Yunan pun ingin mundur dari perjuangan cintanya.

 

Bayangan nikah yang begitu manis, indah, romantis dan mesra tak dirasakannya.

Melalui percakapan dengan Rifki, Yunan disadarkan dengan komitmen niatnya untuk menikah. Bagaimana pun dia yang mengajukan diri. Maka dia harus bertanggung jawab dengan pilihannya. Saat Yunan pun pulang dengan tekad yang baru, ingin bukan sekadar penghalalan raga dan perubahan status, ingin mendapatkan ridho Allah dengan membentuk keluarga yang sakinah mawadah warahmah. namun saat itu justru Yunan berada pada puncak kecemburuan. Saat dia mendapati istrinya pulang kerja diantar oleh Daniar. Berdua. Naik motor. Yunan sangat cemburu.

 

Novel ini menceritakan konflik rumah tangga yang terjadi lantaran komunikasi yang terhambat. Masing-masing berharap pasangannya mengerti tanpa harus bicara. Yunan dan Silmi sama saja. Silmi juga tahu, Yunan sudah berusaha untuk bersikap sesuai yang diharapkan. Saat keduanya berniat mengubah sikap, justru menemui permasalahan yang kembali mematikan tekad itu. Ego keduanya mengalahkan niat baik itu.

 

Yunan bahkan mundur dari tempat kerjanya. Mereka lantas berpisah. Jatuhlah talak satu. Lewat Mbak Aida, Silmi disadarkan. Bahwa, dalam pernikahan itu, cinta itu saja tak pernah cukup. Bertemu dengan orang yang membuat kita tertarik merupakan kesempatan. Bertemu dengan orang yang tepat untuk dicintai, itu juga kesempatan. “..bila kita memutuskan untuk mencintai orang tersebut, bahkan dengan segala kekurangannya, itu bukan lagi kesempatan, itu adalah pilihan.” (hlm 287)

 

Melalui novel ini, jelaslah bahwa nikah bukanlah tujuan akhir dari sebuah perjalanan. Juga bukan berarti dengan menikah akan musnah semua masalah. Justru setelah pernikahan akan ada banyak masalah yang harus kita selesaikan. Kunci menyelesaikannya adalah dengan komunikasi. Bukan hanya kisah Yunan dan Silmi yang dapat kita ambil hikmah, banyak kisah lainnya yang bisa kita petik menjadi pelajaran.

 


MESKI CINTA SAJA TAK PERNAH CUKUP


Judul               : Meski Cinta Saja Tak Pernah Cukup

Penulis             : Deasylawati P.

Penerbit           : Penerbit Indiva

Tebal               : 368 hlm

ISBN               : 978-602-1614-07-5

Dunia Yunan berubah 180 derajat saat dia menikah dalam kondisi yang tak pernah direncanakan sebelumnya. Silmi, teman sekantor Yunan yang idealis itu jadi istri ‘tak terduganya’. Antara kaget, bingung bercampur senang Yunan menjalani kehidupan barunya bersama Silmi, wanita yang diam-diam membuat hatinya selalu bergetar.

Tapi, perjalanan rumah tangga keduanya tak seindah angan. Yunan menyadari bahwa Silmi belum bisa melupakan lelaki yang ‘hampir’ menjadi suaminya. Dan kenyataan bahwa Silmi masih dan semakin dekat dengan mantan calon suaminya itu membuat Yunan ingin mundur dalam perjuangan cintanya. Di satu sisi, Silmi yang mulai membuka hatinya pada Yunan harus menerima kenyataan bahwa ada hati lain yang sudah lama memendam rasa kepada suaminya.

Akankah cinta sanggup membawa bahtera Yunan dan Silmi berlayar hingga ke pelabuhan bernama bahagia?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *