DUA KUMPULAN CERPEN TERBIT APRIL 2019

Selain membidani penerbitan buku fiksi anak yang kian menggelora, Indiva tetap konsisten menghadirkan fiksi remaja dan dewasa. April ini lini novela merilis dua kumpulan cerpen dari dua genre yang berbeda dan dari dua penulis nasional yang berbeda pula.

Pertama, Seorang Lelaki dan Selingkuh oleh Afifah Afra. Sebuah kumpulan cerpen bernuansa sastra yang terilhami dari kehidupan keseharian dan isu-isu terkini. Akan tetapi dikemas dengan bahasa lincah ala Kak Afra. Kangen denagn karya fiksi Afifah Afra? Kumpulan cerpen ini jawabannya.

 

Kedua, Pahlawan Tanpa Tanda Tangan oleh Boim Lebon Cs. Cukup bertolak belakang dengan Seorang Lelaki dan Selingkuh yang cenderung serius, Pahlawan Tanpa Tanda Tangan hadir dengan nuansa humor yang kental. Ditulis keroyokan dengan Mas Boim Lebon sebagai nahkoda. Kumpulan cerpen humor ini lahir dari sebuah workshop bersama Forum Lingkar Pena. Lelah dengan isu politik yang kian memanas? Lelah dengan harga-harag sembako yang terus merangkak naik? Mari rehat sejenak bersama Pahlawan Tanpa Tanda Tangan.

 


SEORANG LELAKI DAN SELINGKUH


 

Judul     : Seorang Lelaki Dan Selingkuh

Penulis : Afifah Afra

ISBN      : 978-602-495-115-3

Harga    : Rp Rp 65.000,-

 

Merokok di malam yang beku … sepertinya sangat nikmat. Setidaknya, pasti akan mampu membuat tubuhnya sedikit menghangat.

Tetapi, tidaklah! Ia sudah berjanji kepada Supeni, istri yang ia lamar dengan proses susah payah, bahwa ia tidak akan merokok. Selamanya! Baik kretek, filter, cerutu, atau pun sekadar puntung rokok. Sekali tidak, tetap tidak. Dan ia sudah memegang janji itu sejak empat tahun silam. Apakah ia akan mengingkarinya hanya gara-gara tak kuat menahan dingin? Bah, lelaki macam apa dia?

* * *

“Akhirnya, saya berani menyimpulkan, bahwa kumpulan cerpen yang satu ini berbenang merah permasalahan politik dan Afra tampak sedang berusaha menyiasati narasinya. Berarti ada dua lapisan politis dalam kumcer ini, tema politik dan siasat bernarasi.” (M. Irfan Hidayatullah, S.S, M.Hum, kandidat doktor Ilmu Susastra UI, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran).

“Setiap kali membaca tulisan Afifah Afra, bukan hanya muatan sastra yang didapat. Kekuatan pesan dan renungan yang dalam, meninggalkan jejak di skema pemikiran kita.” (Sinta Yudisia, Penulis, Psikolog, Anggota Dewan Pertimbangan Forum Lingkar Pena)


PAHLAWAN TANPA TANDA TANGAN


Judul               : Pahlawan Tanpa Tanda Tangan

Penulis             : Boim Lebon, cs

ISBN               : 978-602-5701-47-4

Harga             : Rp 45.000,-

 

Ini kumpulan cerpen saya bersama anggota FLP. Ada cerita yang kental dengan nuansa kota Sumedang dan Bandungnya, ada yang berbau Madura, ada yang mengangkat harumnya Jakarta, serta semerbaknya Medan dan Lombok.

Membaca buku ini semakin kaya wawasan. Nggak cuma sekadar tersenyum, tapi juga bisa meresapi betapa kayanya bumi Indonesia ini dan betapa banyak ide menarik yang bisa diangkat dari sekitar tempat yang ada di sekitar kita.

Karena membaca cerita lucu bisa jadi sarana untuk menghilangkan stres setelah capek sekolah atau kerja atau menjalani rutinitas harian; pada akhirnya membaca cerita lucu  itu menghadirkan hiburan sekaligus perenungan!

Barangkali itu saja sinopsisnya, nggak usah terlalu lucu, karena yang lucu adalah adalah cerita-cerita di dalam buku ini. Selamat menikmati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *