MEMECAHKAN MISTERI INTAN YANG HILANG DAN INSPIRASINYA

Sumber gambar: Pixabay

Oleh: Ratnani Latifah*

Qiya dan Risha Si Detektif Cilik ditulis oleh Hairi Yanti,  penulis asal Kalimantan Selatan. Sebagai penulis yang karyanya sudah malang melintang di berbagai media, seperti Bobo dan  Kompas Anak, kisah yang dipaparkan penulis ini sangat menarik untuk kita simak. Cerita yang disampaikan tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita. bahasanya sederhana, sehingga anak akan mudah memahaminya. Penulis juga mencoba membuat kisah ini tidak menggurui, agar anak merasa nyaman dan tidak tertekan karena harus berhadapan dengan berbagai nasihat.

Kisah yang ada di sini sendiri, mengambil tema misteri, menceritakan tentang sebuah kasus yang menarik dan seru. Namun meski mengambil tema misteri, hal itu tidak menutup nilai-nilai pembelajaran hidup yang ingin disampaikan. kisahnya memang sederhana,  namun sarat akan makna yang inspiratif. Dan dalam kisah ini juga termaktub pendidikan karakter pada anak.

Qiya dan Risha, merupakan tokoh sentral dalam novel ini. Dulu mereka sangat kompak, namun karena sebuah masalah,  dua saudara sepupu ini mulai saling menjaga jarak.  Di sisi lain, tanpa sengaja suatu hari, Qiya mendengar pembicaraan nenek bersama Mama dan Bunda Anggrek (kembaran mamanya) yang membahas tentang sebuah intan yang hilang.  Intan itu konon merupakan peninggalan sang kakek, yang sudah meninggal beberapa bulan lalu. Karena hilangnya intan itu, sang nenek ikin pergi ke Martapura untuk mencari pengganti intan itu (hal 13).

Diam-diam ternyata Qiya sangat penasaran dengan misteri hilangnya intan miliki kakeknya. Dan rasa penasarannya semakin tinggi, ketika  dia membaca beberapa surat-surat  dari kakeknya, yang disimpan mamanya. Di sana Qiya menemukan sebuah dua kode unik. satu HZPYJ FU EYZMH RZLY dan PWLZEU QZVZ FZPZL VUEZY (hal 28).  Sejak saat itu, Qiya pun bertekad untuk memecahkan kasus hilangnya intan kakek. Dia sangat ingin membantu meringankan beban neneknya, yang sedih karena intan itu.

Namun upayanya dalam memecahkan misteri itu tidak mudah.  Kode yang ditinggalkan kakeknya, agak berbeda dari permainan  misteri yang pernah  dia lakukan dulu. Berkali-kali dia mencoba mengotak-atik huruf itu, namun hasilnya nihil. Qiya sungguh pusing. Akan tetapi hal itu tidak membuat Qiya menyerah.  Dengan tekad yang kuat dia terus mencoba menyelidiki misteri itu.  Hingga akhirnya sedikit demi sedikit misteri itu mulai terkuak.

Bersamaan dengan itu, ternyata berkat misteri intan hilang, Qiya mulai berdamai dengan Risha. Mereka kemudian bekerjasama untuk mencoba memecahkan kasus itu. berhasilkan mereka memecahkan misteri itu sebelum nenek mereka pergi ke Martapura? Simak kisah selengkapnya dalam buku ini, ya.

Dibuka dengan pembuka cerita yang menarik, sejak awal kita akan dibuat penasaran dengan kisah ini.  Kita akan digiring dalam upaya penyelesaikan misteri intan hilang, juga masalah apa yang sampai membuat Qiya dan Risha tidak akur. Dilengkapi dengan ilustrasi gambar, membuat kisah ini semakin menarik. Karena imajinasi anak akan bertambah ketika membayangkan setiap kejadian dalam buku. Salut dengan penulis yang mampu membuat kisah misteri yang apik dan menarik.  Saya juga suka cover novelnya yang cantik. Sediki hal yang mengganjal adalah cara damai Qiya dan Risha yang menurut hemat saya kurang greget.

Namun lepas dari itu, kisah ini secara tidak langsung, mengajak kita untuk saling meyayangi sesama saudara dan keluarga. Sesama saudara tidak boleh   bertengkar. Kita  harus selalu rukun, karena kerukunan itu menyenangkan. Dari Qiya kita bisa belajar untuk memiliki jiwa yang teguh, serba ingin tahu dan tidak mudah menyerah.

Srobyong, 1 Desember 2018

 

*Alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara


 

Judul               : Qiya dan Risha Si Detektif Cilik

Penulis             : Hairi Yanti

Penerbit           : Lintang, Indiva

Cetakan           : Pertama, Agustus 2017

Tebal               : 128 halaman

ISBN               : 978-602-6334-21-3

 

Qiya mendengar pembicaraan Nenek bersama Mama dan Bunda Anggrek (saudara kembar Mama) tentang intan yang hilang. Intan peninggalan Kakek yang sudah wafat. Nenek ingin mencari intan pengganti ke Martapura, tapi kesehatan Nenek tidak memungkinkan untuk bepergian jauh sendirian.

Qiya tertantang untuk menemukan keberadaan intan tersebut. Dia pun mengajak Risha (saudara sepupu Qiya) untuk bekerja sama. Dia pun mendaulat dirinya sebagai dekektif cilik. Namun, ternyata menjadi detektif itu tidak gampang. Qiya dan Risha harus menemukan petunjuk dan memecahkan misteri itu.

Apakah Qiya dan Risha akan berhasil menemukan intan yang hilang itu? Simak kelanjutannya dalam novel ini. Selamat membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *