MENELADANI CERITA-CERITA DALAM KUMCER SAHABAT PENGHAFAL AL-QUR’AN

 

Sumber Gambar: Pixabay

 

Oleh: M Ivan Aulia Rokhman*

 

Cerita anak ini menajuk tentang kehidupan sehari-hari anak, di mana kisahnya mengandung banyak pesan moral. Maka, dari cerita tersebut dapat diteladani dan diambil pelajaran. Cerita Sahabat Penghafal Al-Qur’an memiliki gaya bahasa yang menarik. Bercerita tentang anak perempuan penghafal Al-Qur’an bernama Shofi. Shofi dan teman-teman mengikuti tes hafalan Al-Qur’an di hadapan ustadzah. Kemudian Fauzan dan Shofi terpilih sebagai peserta lomba yang diadakan di Pondok Pesantren Darussalam. Setelah mengetahui hal itu, Shofi memeluk orang tua dan kakaknya, untuk meminta dukungan. Ibu dan Kakak menyemangati Shofi dalam mengahafal Al-Qur’an.

Keesokan harinya Shofi dan keluarga melangkah ke tempat perlombaan. Saat perlombaan, Shofi menunjukkan hafalan di hadapan penonton. Dengan sangat indah dan bacaan bagus membuat Shofi semakin percaya diri. Setelah tampil jeda sejenak. Begitu pengumuman, nama Shofi dipanggil sebagai juara satu lomba hafalan Al-Qur’an. Pesan dari cerita Sahabat Penghafal Al-Qur’an adalah selalu mencintai dan meneladani ayat suci Al-Qur’an supaya memperoleh ganjaran dan kebermanfaatan. Cerita-cerita anak dalam buku ini mengandung banyak pelajaran yang dapat diteladani oleh pembaca. Termasuk tentang keteladanan dan ajakan pada ajaran Islam.

Cerita kedua Step by Step menceritakan tentang Yuna sibuk belajar fisika untuk melaksanakan olimpiade fisika. Berkat keseriusan dalam belajar, Yuna mampu melatih kecerdasan dan ketangkasan dengan baik. Di sekolah Yuna berdiskusi dengan teman seputar olimpiade fisika. Mereka membahas materi dan kisi-kisi lomba untuk persiapan. Yuna juga melaksanakan shalat tahajud. Ia memohon kepada Allah SWT untuk hasil yang terbaik. Momen pengumuman pun datang Yuna meraih satu lomba olimpiade. Kemenangan Yuna dalam cerpen Step by Step adalah buah dari usaha dan ketekunan. Langkah demi langkah sebuah proses akan membawakan ke ranah kesuksesan. Cerita ini sangat menginspirasi. Pembaca dapat meneladani bahwa setiap usaha selalu memerlukan kerja keras.

Berikutnya, ada cerita yang berkisah tentang media sosial. Yakni tentang akun siluman yang menjadi bahan perbincangan warganet. Siswa kelas ramai berbincang akun siluman yang konon sering menyebarkan cerita mistis. Selain itu konten postingan-postingan akun tersebut ternyata hanya semacam ejekan dan kejahilan. Inti dari cerita ini adalah jangan memercayai konten-konten yang tidak jelas sumbernya. Jangan pula membuat postingan-postingan yang mengandung fitnah yang bisa mengundang celaka pada diri sendiri maupun orang lain.

Banyak sekali cerita inspiratif penuh makna dalam buku ini. Kumpulan cerpen ini mampu mengeksplorasi berbagai sisi kehidupan agar dapat dijadikan sebuah pembelajaran bagi pembaca anak-anak.

 

*Penulis adalah anggota Divisi Karya FLP Surabaya.


SAHABAT PENGHAFAL AL-QUR’AN


Judul               : Sahabat Penghafal Al-Qur’an

Penulis             : Aya Shofia Nabila Ahmad, Ghaniyatera F. H. M., Aulia Agustina, Kamila Fatimatuzzahro,  Naura Lovea Qurratun’ain Budiarto, Aida Ashazie, Naura Taqiyya Khairunnisa,  Sunnabil Udaba, Wirda Nissa.

Cetakan           : I, September 2019

Tebal               : 144 Halaman

Harga              : Rp39.000,-

ISBN               : 978-602-495-112-2

Shofi dan Amel adalah sepasang sahabat. Mereka sering main bareng, belajar kelompok bareng, dan ke kantin pun juga bareng. Suatu hari Pak Kepala Sekolah mengumumkan kalau keduanya ditunjuk untuk mewakili sekolah dalam lomba tahfidz tingkat provinsi. Wah, senangnya bisa mewakili sekolah bareng sahabat.

Shofi dan Amel pun sepakat akan saling menyimak hafalan agar bisa sukses dalam lomba tahfidz nanti. Berkat lomba ini persahabatan mereka makin rekat dan berkah. Yuk, baca kisah persahabatan Shofi dan Amel di kumpulan cerpen Sahabat Penghafal Al Quran. Ada juga sepuluh cerpen lain yang tidak kalah menginspirasi. Selamat membaca!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *