MENULIS ITU GAMPANG DAN MENYENANGKAN

Halaman Rubrik Anak Koran Tribun Timur, 10 Minggu 2015 (1)Apakah adik-adik tertarik untuk menulis? Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan. Karena adik-adik bisa mengabadikan pengalaman atau cerita-cerita yang pernah adik dengar dari orang lain melalui tulisan. Kalau adik-adik belum tertarik untuk menulis, adik-adik bisa membaca buku karya teman kita, Rien DJ ini. Dengan membaca buku ini, adik-adik akan diajak untuk menemukan keasyikan menulis.

Apakah menulis memang mengasyikkan? Bukankah menulis perlu berpikir serius? Apakah berpikir itu mengasyikkan? Ya, menulis memang harus berpikir agar apa yang kita tulis menjadi tulisan yang menarik. Namun, itu pasti mudah kita lakukan jika kita sudah terbiasa menulis dan menemukan kesenagan dari menulis.

Tepat sekali. Yang paling penting adalah, adik-adik harus menemukan kesenangan dari menulis. Ketika adik-adik sudah senang atau suka menulis, maka tantangan-tantangan seberat apa pun akan selalu bisa kita lalui. Karena kita suka menulis, maka kesulitan tidak akan terlalu dirasakan. Tapi, apa yang menyenangkan dari menulis? Pertanyaan bagus.

Menulis menjadi menyenangkan karena kita akan belajar banyak hal. Dengan menulis, kita telah belajar mengingat, berfikir, dan menyusun kata-kata agar enak dibaca. Selain itu, apa yang kita tulis akan menjadi abadi. Ya, abadi karena apa yang sudah tertulis tak akan hilang dan terlupakan. Misalnya kita menulis pengalaman menyenangkan ketika berlibur ke kebun binatang. Kita menulis semua binatang yang kita temui, mulai dari monyet, badak, kanguru, jerapah, sampai singa.

Resensi di koran Tribun Timur, Minggu 10 Januari 2015Kita juga menulis tentang perasaan kita saat melihat hewan-hewan itu. Nah, ketika tulisan tersebut sudah jadi, kita bisa menyimpannya. Kemudian, sewaktu-waktu kita dapat membacanya dan kita akan kembali teringat dengan masa-masa menyenangkan berkunjung ke kebun binatang. Bagaimana? Menyenangkan bukan? Jadi, mulailah untuk belajar menulis dan temukan kesenangan dari sana. Kalau masih ragu, adik-adik bisa membaca buku ini agar bisa menemukan kesenangan dan kemudahan menulis. Selamat membaca!

*dimuat di Tribun Timur, Makassar. 10 Januari 2016

 

Peresensi: Al Mahfud,

pembaca buku, bermukim di Pati

Judul                : Menulis Itu Gampang

Penulis              : Rien DJ

Penerbit            : Lintang

ISBN               : 978-602-1614-60-0

Harga               : Rp. 24.000,-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *