NOVEL MISTERI PEMBANGUN KARAKTER ANAK

Sumber Gambar: Pixabay

 

Oleh: Ratnani Latifah*

Mengambil tema misteri, novel anak ini cukup menarik untuk dibaca. Apalagi dalam novel ini, penulis memadukannya dengan lokalitas budaya Purbalingga.  Jadi selain  dihibur dengan kisah seru yang ditawarkan penulis, kita  juga diajak menambah wawasan baru.  Salah satunya tentang sejarah  tokoh pahlawan Indonesia juga budaya-budaya menarik di Purbalingga.

Novel ini sendiri berkisah tentang Ara yang memilih kabur ke rumah neneknya di Purbalingga, karena kesalahan yang dia buat di sekolah, sehingga dia mendapat skorsing selama satu Minggu.  Ara sudah tiga kali merusak properti sekolah.  Dari memecahkan kaca kelas, memecahkan pot bunga keramik dan memecahkan majalah dinding.  Di sekolah Ara memang terkenal tidak bisa diam. Meski dia anak perempuan, sikap dan pola tingkah Ara itu mirip laki-laki. Tenanganya  sangat kuat, nyalinya besar dan tidak punya rasa takut. Dia juga menyukai sepak bola, voly, kasti, basket dan taekwondo (hal 7).

Ketika sampai di rumah sang nenek, Ara disambut dengan hangat. Akan tetapi saat melihat-lihat bangunan rumah sang nenek, suasana mistis mulai terasa. Ara melihat pohon beringin tinggi yang tampak menyeramkan. Selain itu ada salah satu ruangan yang kata neneknya sudah lama dikunci.  Konon ruangan itu berisi warisan berharga dari kakeknya.  Sayangnya tidak ada yang tahu kunci kamar tersebut termasuk nenek.  Hanya ada satu petunjuk  tentang kamar tersebut.

“Semua diputar balik, ketika yang paling lama menjadi  paling depan, dan yang paling singkat adalah penutup. Hanya ahli waris yang mengetahuinya.” (hal 64).

 

Ara pun berusaha memecahkan teka-teki warisan kakeknya. Namun selagi dia mencoba memecahkan misteri tersebut, Ara kerap mendapat teror misterius di rumah neneknya. dari bayang-bayang putih di atas beringin, hingga bunyi-bunyi aneh yang bikin merinding—dari benturan benda, derap langkah kaki bahkan sampai suara percakapan seseorang—yang berasal dari kamar tertutup.

Sebagai bacaan anak, buku ini sangat patut dibaca. Dengan membaca buku ini pengetahuan sejarah anak pasti akan bertambah. Karena di sini penulis juga menyinggung sedikit  tentang sejarah perjuangan Jendral Soedirman. Dan ada pula ada pembahasan tentang kesenian ebeg dan banyak lagi.  Diceritakan dengan gaya bahasa sederhana, pastinya akan memudahkan anak dalam memahami isi cerita. Ditambah lagi adanya ilustrasi sebagai penjungan cerita yang membantu anak dalam meningkatkan imajinasi.

Secara keseluruhan buku ini cukup menarik dibaca. Hanya ada sedikit kesalahan tulis yang sempat membingungkan serta bagian yang kurang dieksplor—seperti usia Ara atau tingkat kelas Ara selama sekolah. Namun lepas dari kekurangannya, dengan cover sederhana namun terkesan misterius, hal itu saya rasa bisa menjadi nilai jual tersendiri.

Keunggulan lainnya adalah menghadirkan wawasan lokalitas budaya, serta memuat banyak nilai-nilai pembelajaran dan pendidikan  karakter anak. Melalui buku ini anak akan memahami pentingnya arti bersyukur dan meminta maaf. Kemudian anak diajarkan bersikap berani dan mandiri. Selain itu kisah misteri yang disuguhkan bisa membantu anak dalam meningkatkan ketajaman berpikir.

Srobyong, 9 Maret 2019

*Alumnus Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara


TEKA-TEKI WARISAN KAKEK


 

Judul               : Teka-Teki Warisan Kakek

Penulis             : Rokhmat Gioramadhita

Penerbit           : Indiva Media Kreasi

Cetakan           : Pertama, Februari 2019

Harga              : Rp 37.000,-

 

 

 

Kling …!

Tiba-tiba terdengar suara di dalam ruangan itu. Padahal ruangan itu sudah lama sekali terkunci dan tak pernah dibuka. Lebih tepatnya setelah Kakek meninggal, ruangan itu tak pernah dibuka.

Konon, di ruangan itu ada warisan berharga yang Kakek tinggalkan. Namun tak pernah ada satu pun yang berhasil membukanya. Sang pewaris lah yang bisa membuka ruangan tersebut dan menemukan warisan peninggalan Kakek. Sayangnya, tak ada satu pun dari keluarga Ara yang tahu identitas si pewaris. Sehingga ruangan itu sudah terkunci selama bertahun-tahun.

Meski demikian, setiap tengah malam tiba. Ada saja bunyi-bunyian aneh di dalam ruangan terkunci itu. Mulai dari benturan benda, derap langkah kaki, bahkan sampai ada suara percakapan seseorang.

Kira-kira, suara aneh apakah itu? Apakah itu hantu Kakek yang berada di dalam sana? Nah teman-teman, ikuti kisah Ara dalam mengungkap teka-teki warisan kakeknya di novel ini. Selamat membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *