PROSES MANIS KREATIF PENULISAN NOVEL A SIMPLE SECRET LOVE

 

Hai good reader, setelah 4 tahun berjuang, pada akhirnya  novel A Simple Secret Love berjodoh dengan Penerbit super ketche Indiva Media Kreasi dan juga karena klik sama Editor  seru  Ayu Wulan yang katanya jatuh cinta sama kisah dalam Novel ini, cie … sombong yaa…, nggaklah, yang jelas saya sangat bersyukur bahwa kisah ini dipinang oleh Penerbit Indiva setelah perjuangan panjang dan penuh revisi.

Tapi bener, perjuangan untuk menerbitkan kisah ringan ini memerlukan waktu sangat panjang. Sempat ragu juga karena tokoh yang menginspirasi saya dalam menulis novel ini sudah keluar dari boyband favorit saya. Saya sempat ragu dan ingin menyimpan saja naskah ini, karena berdasar kisah nyatanya, tokoh ini sudah tidak seperti dulu.

Jadi siapa dia?

Zayn Malik. Mungkin good reader sudah kenal banget ya sama sosok itu. Mantan personilnya Boyband asal Inggris- Irlandia yang berbasis di London, One Direction. Mereka ngehits banget sejak sebelum tahun 2015. Meski sampai sekarang juga masih TOP tapi semenjak keluarnya Zayn Malik sekitar 2015 rasanya ada saja yang kurang. Itulah hal yang saya sesalkan. Kenapa? Karena saya suka rindu dengan kebersamaan mereka secara lengkap. Adanya satu personil yang keluar membuat hati saya sakit. Beberapa saat saya sempat merasa ‘terganggu’ karena tidak ikhlas dengan kejadian itu.

Saya rasa para directioners yang lain pun merasakan hal yang sama. Setiap mengingat Album pertama dan kedua yang lagu-lagunya sangat menginspirasi dan berpersonil lengkap, rasanya sakit banget ya kan? Dan karena merasa terganggu dengan perasaan itu *alayer, saya merasa harus berbuat sesuatu. Saya sudah merasa sangat dekat sekali dan mengenal semua personil One Direction melalui Novel saya sebelumnya yang sudah habis di pasaran. Dari kisah di dalam novel sebelumnya, saya masih merasa menjadi bagian dari One-D sehingga tak pelak lagi, saya selalu merasa melow banget kalau mengingat dan kangen sama mereka.

Mendengarkan lagunya saja tidak cukup. Saya harus lebih mendekat lagi sama mereka. Dan akhirnya tercetuslah ide untuk menulis kisah dengan inspirasi tokoh-tokoh One-D. Kisah A Simple Secret Love ini ide awalnya adalah ingin membangkitkan karakter Zayn sebagai seorang muslim yang mencintai saudaranya. Dalam novel ini, Zayn mempunyai adik perempuan yang sangat menyayanginya. Namanya Safaa. Safaa adalah sosok saudara kandung yang patut dicontoh oleh pembaca semua. Dia adalah adik yang gigih selalu mendukung (full support) kakaknya.

Kehangatan kisah persaudaraan yang ingin saya angkat ini juga terinspirasi dari kisah saya dan adik perempuan saya. Beberapa waktu kami sering mengobrol, ada teman yang juga punya saudara, sama seperti kami, tapi mereka jarang akur. Padahal hanya dua bersaudara. Ada hal-hal yang membuat mereka saling iri. Tapi hal itu sangat saya hindari. Dari dulu saya sangat menyayangi adik saya. Semenjak dia kecil saya selalu mendukungnya. Saya selalu tidak terima jika ada yang mengatakan hal buruk. Saya juga sering bertukar nasehat sampai bertukar pakaian atau saling membantu dalam banyak hal. Itulah yang ingin saya sampaikan dalam kisah di A Simple Secret Love ini.

Keprihatinan terhadap beberapa peristiwa, akhirnya memunculkan ide untuk mengangkat kisah persaudaraan dan pengorbanan. Zayn, meski di mata dunia mungkin adalah sosok yang nakal atau berbeda dari personil One-D, namun sebagai seorang muslim, dia menjunjung tinggi kasih sayang kepada saudaranya. Zayn dalam novel ini juga berkarakter dingin dan cuek, akan tetapi tidak pernah rela jika adiknya terluka.

Zayn juga tipe cowok setia dan mudah memaafkan. Sehingga sebenarnya semua teman-temannya sangat mengakui dan bangga terhadapnya. Hampir semua temannya juga memberikan perhatian. Di kampus RAM dan grup drama musical, Zayn adalah satu-satunya pemain yang memiliki bakat dalam drama dan music. Bahkan menjadi rebutan tim lawan yang akan beradu dalam kompetisi drama musical di kampus RAM. Itulah hal-hal positif yang ingin saya bangun untuk menginspirasi good readers semua. Bahwa setiap orang mempunyai hak untuk menciptakan dan memperjuangkan mimpinya sampai titik darah penghabisan (apa coba?).

Karena ketika seseorang selalu mempunyai mimpi yang besar dan selalu berproses untuk menggapainya, maka hasilnya akan mengikuti. Dan itu juga tak pernah lepas dari orang-orang yang berada di sekitar kita. Kerjasama, support dan saling bernasehat adalah suatu kunci dalam menggapai apa yang kita impikan.

Ah ya, beberapa pelajaran berharga yang bisa kita renungkan adalah kisah percintaan antara Zayn dan Hazel. Sesuatu yang sering kita banggakan dan tonjolkan ternyata juga belum tentu benar-benar berakhir baik. Sedikit saja salah melangkah, maka akan merubah apapun yang kita rencanakan. Dan sebaliknya, sesuatu yang di luar rencana terkadang justru menjadi kejutan-kejutan indah yang membuat kita akhirnya sadar, bahwa semua yang kita lakukan akan ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Tuhan tak pernah lepas dari kehidupan kita.

Waaw cukup menjadi pelajaran ringan yang tidak boleh membuat kita lupa atau lalai terhadap Tuhan dan alam semesta, wuuih dalem. Yap, meskipun kisahnya dibalut dengan bahasa ringan dan sederhana, namun ada sesuatu yang berharga yang ingin saya sampaikan kepada semua good readers. Begitulah akhirnya kerinduan saya terhadap the boys terobati. Kok bisa? Yaa… karena dengan menuliskan tentang mereka, otomatis saya merasa sangat dekat dengan mereka. Seaka-akan ini seperti pertemuan yang sangat saya nantikan.

Memangnya apakah penting banget arti mereka dalam kehidupan saya? Ehm… dalam konteks dunia menulis dan berimajinasi, mereka sangat penting. Terutama lagu-lagunya yang easy to listening dan membawa perasaan saya lebih bahagia. Itu saja. Dan sebagai penulis yang menuliskan kisah mereka, saya merasa sudah menjadi bagian dari mereka juga. Deeuh… khayalan yang luar biasa.

Tidak berarti saya tergila-gila, bukan ya, bukan seperti itu. Tapi seperti halnya teman-teman. Mungkin kalian juga punya sosok teman yang dirindukan, lama tidak berjumpa dan bahkan sulit dijangkau. Mungkin teman masa lalu, atau bahkan sosok tokoh yang dikagumi.

Mudah saja untuk menjadi dekat dengan mereka. Jadilah ‘dalang’ dari tokoh-tokoh itu. Caranya ya dengan menuliskan kisah dengan inspirasi dari sosok tersebut. Kita akan mengulas sedikit banyak tentang tokoh fiksi yang kita bayangkan atau kita sayangi misalnya. Dengan begitu kita akan menjadi sangat dekat dan sangat mengenal mereka. Khayalan tingkat tinggi kali ya… tidak masalah sih, karena penulis fiksi memang bagus ketika memiliki khayalan luar biasa. Yang terpenting tidak pernah keluar jalur saja, jangan kebablasan dan tetap menyertakan ilmu di dalamnya.

Walhasil novel A Simple Secret Love berhasil saya tulis dalam waktu kurang dari tiga bulan. Saking gigih dan kangennya saya terhadap mereka, maka saya memutuskan ‘terbang ke London’ hehe… ya, saya menghampiri mereka dengan kisah baru yang saya tulis. Ehm… semoga teman-teman nggak pening membaca celotehan saya kali ini. Mungkin bisa dibilang proses kreatif, tapi juga bukan… yang jelas semua ini proses yang sangat indah, berisi kerinduan yang manis dan mengenang segala kebaikan yang bisa kita rasakan bersama-sama.

Okay, semoga bermanfaat dan grab novelnya sebelum kehabisan, biar rindumu terobati juga.

 

Salam,

#KakMells


 

Judul : A Simple Secret Love (Ketika Cinta Menunjukkan Keajaibannya)
Penulis : Mell Shaliha
ISBN : 978-602-5701-11-5

 

Safaa berjuang keras untuk membuat Zayn kembali pada tujuan awalnya dengan mengorbankan mimpinya sendiri. Dan dengan dukungan dari teman-temannya akhirnya Safaa dan Zayn bisa mengatasi masalah mereka. Namun semua tak semudah yang mereka bayangkan. Ketika ayah Zayn memanggilnya kembali ke Pakistan, niatnya menjodohkan Zayn dengan putri sahabatnya pun diungkit kembali. Karena rasa bersalahnya terhadap Safaa, Zayn menganggap perjodohan itu sebagai hukuman yang harus ia terima. Maka ia memutuskan untuk menerima dan menjalani segala konsekuensi demi menunaikan tanggungjawabnya kepada keluarganya. Karena Zayn sadar, bahwa kebahagiaannya merupakan kebahagiaan keluarga yang sangat dicintainya.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *