Telah Terbit: Kartini dan Muslimah dalam Rahim Sejarah

Kartini

Judul                     : Kartini dan Muslimah dalam Rahim Sejarah: Menyingkap Peran Muslimah dalam rentang Sejarah Kemerdekaan

Penulis                 : Rahayu Amatullah

 

ISBN                      : 978-602-6334-29-9

Harga                    : Rp 39.000,-

Raden Ajeng Kartini, kita sering memanggil beliau dengan Ibu kita Kartini, merupakan salah satu tokoh yang turut mendorong pergerakan bangsa menuju kemerdekaan. Untuk mengenang jasa beliau 2 Mei 1964, Presiden Sukarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 tahun 1964 guna menetapkan R.A. Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Kepres ini sekaligus menjadikan hari lahir beliau, 21 April, sebagai Hari Besar Nasional. Hari besar yang hingga kini kita peringati sebagai Hari Kartini. Terlepas dari berbagai pertanyaan dan kritik mengenai peringatan ataupun penetapan beliau sebagai Pahlawan Nasional, saya mencoba menghadirkan runutan peristiwa perihal sosok perempuan yang tak dapat dipisahkan dalam perjalanan kita sebagai bangsa.

Sebagai manusia R.A. Kartini tentu mengalami berbagai dinamika yang membentuk dirinya, baik dari aspek pemahaman, pemikiran, maupun perilaku. Dinamika ini saya ungkapkan dengan perjalanan menjadi diri, perjalanan Kartini binti Ario Sosroningrat hingga menjadi sosok yang kita kenal sekarang. Sebagaimana manusia pada umumnya, Kartini pasti mengalami perjalanan dan dinamika dalam masa hidupnya yang ibarat noktah dalam bentang panjang sejarah peradaban. Melalui pemahaman ini kita dapat merunut pemikiran anak bangsa yang hidup di pengujung abad ke-19 ini. Apa yang dijalaninya-dihempas-diperas-digelandang; juga apa yang dipaksakan padanya…. Agar kita belajar menghargai-menjaga-memperjuangkan-mengharumkan jati diri bangsa.

Sungguh tak enak menjadi bangsa pecundang, yang bahkan menamai dirinya sendiri saja tak punya kuasa. Yang dikatakan bahwa dirinya tak punya sejarah dan takkan bisa membuat sejarah. Sejarah milik pemenang? Maka mari menjadi bangsa yang tak sudi kalah.


Rahayu Amatullah

IMG-20170321-WA0009

Adalah nama pena Sri Rahayu Purwitaningsih, seorang penulis lepas yang telah menulis enam buku. Di antaranya: Seorang Ibu: Sebuah Dunia Berjuta Cinta (Gema Insani Press, 2002), Ketika Aku Mencintaimu: Senandung hati seorang Istri.” ditulis bersama Wulandari Ekasari, Gema Insani Press, 2005.

Penulis adalah istri dari Bp. Tifatul Sembiring dan Ibu dari 6 cahaya mata yang dicintai dan dibanggakannya, mereka berenam kini telah beranjak dewasa. Nur Shabrina br Sembiring, Fathan Asaduddin Sembiring, Ibrahim Ghazi Sembiring, Yusuf Islam Sembiring, Fathimah Az-Zahra br Sembiring, Muhammad Sembiring.

Saat ini penulis sebagai staf dari Dra. Wirianingsih, M.Si (Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga, DPP PKS) dengan amanah sebagai Ketua Departemen Kajian Perempuan Anak dan Keluarga.

Pada periode 2009–2014 penulis berkhidmat sebagai Anggota DPRD Kota Depok, dengan tugas sebagai Sekretaris Fraksi PKS, Wakil Ketua Komisi D (2009 – 2011), KetuaK omisi D (2011 – 2013), Anggota Komisi A (2013 – 2014), Anggota Badan Legislasi (2009 – 2012), Anggota Badan Anggaran (2012 – 2014).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *