AMANAH TERINDAH: KISAH ANAK PAPUA YANG MENCINTAI AL QURAN

 

 

Dunia anak adalah dunia yang menakjubkan yang dipenuhi rasa keingintahuan. Di novel Amanah Terindah anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang berbeda karena novel ini akan mengajak mereka mengintip kehidupan saudara-saudara kita yang tinggal di Indonesia bagian timur.

Novel Amanah Terindah dipersembahkan untuk anak-anak Indonesia di mana pun berada. Amanah Terindah berisi nilai religius, kesantunan, kejujuran, keberanian, kepedulian, dan persahabatan terus mewarnai hari-hari anak-anak dalam menyongsong kehidupan yang lebih gemilang.


PROFIL BUKU


Judul               : Amanah Terindah

Penulis             : Redhite Kurniawan

ISBN               : 978-602-6334-99-2

Harga               : Rp 39.000.-

 

Novel ini merupakan pemenang naskah buku pengayaan Puskurbuk Kemendikbud 2013. Novel anak sarat hikmah ini menceritakan tentang Ahmad. Ahmad adalah seorang anak berumur empat belas tahun dari Desa Fior di Distrik Kokas, Kabupaten Fak-fak, Papua Barat. Satu di antara desa dengan komunitas muslim yang ada di Papua. Ia dan lima anak lainnya adalah murid mengaji di mushola al-Hikmah, dengan guru mengajinya yang bernama Ustadz Ali.

Suatu ketika, Ustadz Ali pergi ke Kaimana untuk mengantar saudaranya yang akan berhaji. Ahmad disuruh ustadz untuk menggantikan dirinya sementara mengajar mengaji teman-temannya. Serta diamanahi untuk menjaga Al-Qur’an terjemahan yang sangat berharga bagi Ustadz Ali.

Pada suatu hari, Al-Quran terjemahan itu hilang. Ahmad pusing tujuh keliling dibuatnya. Apakah Ahmad berhasil menemukan kembali Al-Quran tersebut? Segera temukan jawabannya dalam buku ini, ya!


PROFIL PENULIS


Redhite Kurniawan lahir di Lumajang, Jawa Timur tanggal 18 Desember 1977. Bapak dari Kamiliya Mumtazah danNawwaf Al Fatih ini tinggal di Lawang, Malang-Jatim. Suami dari Choirul Qomariah ini masih berkecimpung di dunia pendidikan, khususnya untuk anak-anak. Menjadi pendidik di PAUD Amanah Bunda Lawang dan Madrasah Ibtidaiyah TerpaduAr-RoihanLawang. Hingga sekarang masih menulis novel dan cerpen untuk anak.

Novelnya Senyum di Balik Tifa mendapatkan juara 1 sayembara menulis naskah buku pengayaan Puskurbuk Kemendikbud 2012, sedangkan novelnya Amanah Terindah mendapatkan juara ke-2 pada sayembara yang sama di tahun berikutnya. Tahun 2017 mendapat penghargaan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud atas buku untuk bacaan anak Gerakan Literasi Nasional.

Bukunya yang sudah terbit, antara lain: Dwilogi Tambelo, Meniti Hari di Ottakwa dan Kembalinyasi Burung Camar 2008, Era Intermedia, Surakarta. The Adventure of Sol and His Friends, 2015, Saufa Kids, Jogjakarta. Makanya Aku Bilang Apa, 2016, Penerbit Karpeterbang, Malang. Penulis bias dihubungi di FB RedhiteKurniawan, twitter @Redhite_K, Instagram: @RedhiteKurniawan, email: redhitekurniawan@yahoo.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *