Antara Steve Jobs dan Ilmu Hitam

Steve Jobs & Ilmu hitam

JIKA diamati dan direnungi, ternyata dunia ini seperti kumpulan hal dan tumpukan peristiwa. Setiap menit, setiap detik, kita dihadapkan pada jutaan hingga miliaran hal dan peristiwa yang berjalin. Semua datang silih berganti, atau pada saat yang sama, keduanya mewarnai aktivitas dan kehidupan setiap manusia di muka bumi ini.

Berbagai peristiwa kerap kali berlalu begitu saja, kemudian lenyap ditelan waktu. Namun, tidak sedikit pula yang meninggalkan kesan dan pesan bagi mereka yang mengalami, melihat, mendengar, dan mau mengambil hikmah. Pikiran dan hati mereka terketuk. Sehingga mereka tersadar akan sesuatu yang bernilai bagi hidupnya. Inilah yang disebut: inspirasi.

Inspirasi yang besar tidak selalu datang dari peristiwa dahsyat. Bisa saja dia justru datang dari kejadian sepele, remeh, sederhana, dan kecil. Ketika manusia menemukan inspirasi yang tersembunyi dari hal-hal itu, maka muncul spirit, motivasi, tambahan energi, dan kekuatan, yang mendorong manusia untuk melakukan perubahan hingga tercapailah kemajuan dan kesuksesan hidup.

Karena itu, jangan cepat-cepat menilai negatif segala sesuatu yang mungkin tidak Anda sukai. Berpikir dan bersikaplah positif. Cobalah cermati dan pahami: siapa tahu ada hikmah atau inspirasi—yang penting bagi pengembangan diri dan pengembangan hidup Anda.

Nah, buku yang sedang Anda pegang ini mengajak kita semua menemukan inspirasi tersembunyi (the hidden inspiration) pada berbagai hal dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku ini terdapat berbagai topik yang saya tulis dan ceritakan. Saya berharap, kita sama-sama menemukan inspirasinya. Anda bisa membacanya dari mana saja: dari depan boleh, tengah boleh, dari belakang pun tidak apa-apa.

 Anda tentu dapat menggunakan pola yang sama—guna menemukan your own hidden inspiration—pada berbagai peristiwa lain, baik yang Anda alami secara langsung maupun berdasarkan pengalaman orang lain. Dengan begitu, seburuk apa pun peristiwa, nyatanya selama kita memberi makna positif, peristiwa itu bisa menginspirasi kita. Pengalaman dari peristiwa tersebut selanjutnya dapat menyumbangkan energi bagi kemajuan serta kesuksesan hidup hari ini, esok, juga masa yang akan datang.

Sebelum menutup pengantar ini, saya ingin mengucapkan  terima kasih kepada Pimpinan dan tim redaksi Penerbit Indiva yang telah berkenan menerbitkan buku ini. Semoga bermanfaat bagi khalayak.

Akhirnya, selamat membaca!


Zaenuddin HM

Zaenudin HM

Adalah writerpreneur, jurnalis senior Rakyat Merdeka Group (Holding Jawa Pos Group). Lahir di Jakarta 25 Maret 1966. Selain memimpin dan mengelola surat kabar, juga menggeluti dunia penulisan dan perbukuan. Telah menulis lebih dari 30 buku multitema yang meliputi biografi, motivasi, jurnalistik, hingga sejarah. Judul buku yang telah terbit di antaranya: Money Talking (Change Publication, 2015),  KisahKisah EDAN Seputar Djakarta Tempo Doeloe (Change Publication, 2016), dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *