AYAH BUNDA DAMPINGI AKU MENUJU REMAJA, BUKAN SEKADAR BACAAN

Masa balig adalah salah satu etape kehidupan. Banyak calon orang tua mempersiapkan diri dengan demikian rupa untuk menyambut kehadiran buah hati. Desain pendidikan juga turut disiapkan untuk sang anak kelak. Semua berjalan lancar saat orang tua tengah merasakan euforia datangnya buah hati, namun tidak sedikit orang tua yang kemudian lengah dan tidak memiliki desain yang mantap untuk mempersiapkan anak dalam memasuki masa balig.

Masa balig adalah masa yang krusial, oleh karenanya orang tua perlu memberikan perhatian yang besar menyangkut hal ini. Sebab, dalam masa ini anak memasuki titik di mana dia akan memikul tanggung jawab yang serupa dengan muslim yang telah dewasa: shalat, puasa, dan ibadah fardhu lainnya. Amal sang anak akan dihitung sebagai amalan pribadi. Dia akan bertanggung jawab langsung di hadapan Allah SWT.

Buku Ayah Bunda Dampingi Aku Menuju Remaja ditulis oleh Wida Az Zahida menjawab hal-hal seputar persiapan yang harus dilakukan orang tua guna membimbing putra-putri menuju masa balig. Buku ini juga memaparkan tentang karakteristik remaja agar pendidikan dapat masuk dalam diri mereka dengan optimal, sehingga mereka dapat menjadi bagian dari generasi yang berkualitas dunia-akhirat.

Lembar evaluasi yang ada dalam di buku ini dapat dipergunakan untuk memudahkan orang tua melihat perkembangan anak dan menjaga komitmen orang tua dalam pelaksanaan pendidikan. Selain itu, di akhir setiap bab diberikan kisah-kisah inspiratif sehingga buku ini menjadi menarik dibaca. Untuk lebih memberikan dorongan dalam merealisasikan perencanaan yang telah dirumuskan.

Ayah Bunda Dampingi Aku Menuju Remaja tidak sekadar menjadi bacaan, namun menggerakkan orang untuk mendidik anak sesuai didikan Rasulullah dan para sahabat. Bagaimanapun pendidikan ala Nabi adalah teladan yang terbaik. Oleh karenanya buku ini memberikan gambaran tentang bagaimana hal tersebut dapat diwujudkan kembali di era sekarang dengan bahasa yang mudah dipahami tanpa terkesan membosankan.


PROFIL BUKU


Judul                                     : Ayah, Bunda, Dampingi Aku Menuju Remaja

Penulis                                 : Wida Azzahida

Lini                                         : IndiParent

ISBN                                      : 978-602-6334-98-5

Tebal                                        : 232 halaman

Harga                                       : Rp 56.000,-

 

 

Masa balig adalah masa yang krusial, karenanya orang tua perlu memberikan perhatian yang besar menyangkut hal ini. Sebab, dalam masa ini anak memasuki titik di mana dia akan memikul tanggung jawab yang serupa dengan muslim yang telah dewasa: shalat, puasa, dan ibadah fardhu lainnya. Amal sang anak akan dihitung sebagai amalan pribadi. Dia akan bertanggung jawab langsung di hadapan Allah SWT.

Buku ini menjawab hal-hal seputar persiapan yang harus dilakukan orang tua guna membimbing putra-putri menuju masa balig. Buku ini juga memaparkan tentang karakteristik remaja agar pendidikan dapat masuk dalam diri mereka dengan optimal, sehingga mereka dapat menjadi bagian dari generasi yang berkualitas dunia-akhirat.

Lembar evaluasi yang ada dalam di buku ini dapat dipergunakan untuk memudahkan orang tua melihat perkembangan anak dan menjaga komitmen orang tua dalam pelaksanaan pendidikan. Selain itu, di akhir setiap bab diberikan kisah-kisah inspiratif sehingga buku ini menjadi menarik dibaca. Untuk lebih memberikan dorongan dalam merealisasikan perencanaan yang telah dirumuskan.


APA KATA MEREKA TENTANG BUKU INI?


Buku ini tidak sekedar memberi arah bagaimana mengantarkan anak menuju akil baligh,tapi juga disertai lembaran aplikasi dan komitmen untuk orangtua mempraktekkannya.

(Sinyo Egie, penulis dan pendiri Yayasan Peduli Sahabat )

Anak generasi milenial lebih mudah tergoda ikut arus karena kehidupan mereka akrab dengan internet dan media sosial. Kita nggak bisa banyak melarang mereka, tapi sebaiknya dampingi mereka.

Buku ini cocok untuk dijadikan bekal orang tua untuk mempersiapkan anak memasuki masa balig. Ya,anak adalah amanah dari Allah. Mari menjadi sahabat mereka serta mengobrol dengan mereka karena penting banget untuk perkembangan anak. Peluk anakmu dan bicara, Ayah … Bunda…

(Dewi Rieka, penulis buku Anak Kos Dodol, www.dewirieka.com)

Sebagai pendidik seksualitas, orang tua punya dua keunggulan. Yakni, kesinambungan dan mengedepankan nilai. Buku ini mengajak kita untuk mempersiapkan diri sebagai pendidik seksualitas.

(DR Sri Lestari, M. Si, Dosen Fakultas Psikologi UMS Surakarta, penulis buku Psikologi Keluarga dan Peminat Kajian Pendidikan Seksualitas)

Untuk orang tua zaman now, buku ini recomended sekali. Mengulas apa dan bagaimana tantangan yang dihadapi remaja masa kini, plus tips dan trik apa saja yang harus dilakukan para orang tua untuk membimbing remaja kita. Ada lembar muhasabah di akhir setiap bab, lebih memudahkan kita menceklist hal-hal yang yang sudah dan belum kita lakukan. Tidak ada sekolah menjadi orang tua tapi orang tua pembelajar itu adalah keharusan. Yuk, baca buku ini!

(Fadila Hanum, penulis buku anak)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *