BUKU FAVORIT AFIFAH AFRA

Afifah Afra adalah penulis produktif yang telah lama malang melitang di dunia kepenulisan. Penulis yang baru saja diamanahi sebagai Ketua umum Forum Lingkar Pena ini akan segera merilis sebuah novel berjudul Cinta Suci Adinda, republish dan revisi dari novel lama beliau, Cinta Adinda. Sebelumnya Mbak Afra melejit lewat karyanya Bulan Mati di Javasche Orange dan De Wints. Selain produktif menulis novel, Mbak Afra juga telah menerbitkan puluhan judul buku nonfiksi.

Ribuan orang telah membaca karyanya.  Dan yang pasti, seorang penulis yang kaya kosakata seperti Mbak Afra doyan baca buku dong…  Kali ini saya akan mengajak kalian mencari tahu judul-judul yang jadi favorit beliau. Happy reading….

  1. Oliver Twist (Charles Dickens)

 

loyalbooks.com

Novel klasik satu ini menjadi top list-nya Mbak Afra. Novel ini ditulis oleh novelis besar Tanah Britania Era Victoria, Charles Dickens. Oliver Twist diterbitkan berseri dari tahun 1837-1839.  Berkisah tentang Oliver Twist, si bocah yatim piatu yang hidup di masa Revolusi Industri. Dickens memberikan potret buram kehidupan kota besar London di abad ke-19. Muatan kritik sosial menjadi daya tarik serial ini.

Oliver Twist telah diterjemahkan dan disadur ke berbagai bahasa. Di tanah air, serial Oliver Twist cukup mudah diakses. Selain telah diterbitkan oleh beberapa penerbit mayor, buku ini juga sering kali diperkenalkan sebagai karya klasik Eropa yang ‘wajib’ dibaca oleh pelajar.

 

  1. The Adventure of Tom Sawyer (Mark Twain)

goodreads.com

Satu lagi novel klasik dari penulis kenamaan. Kali ini ditulis oleh penulis yang sangat tidak asing bagi pecinta sastra klasik, Mark Twain. Terbit pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1876. The Adventure of Tom Sawyer bercerita tentang anak yatim piatu yang tinggal bersama bibinya, Bibi Polly dan saudara tirinya Sid. Tom adalah tipikal anak cerdas, nakal, dan usil, khas anak laki-laki seusianya. Bersama teman-temannya, Tom melakukan petualangan dan mengungkap kasus kejahatan.

Novel ini juga cukup mudah didapatkan. Edisi terjemahan Indonesia telah beredar dan diterbitkan oleh beberapa penerbit baik mayor maupun minor. Novel ini dapat dibaca oleh pembaca dari semua usia. Salah satu santapan lezat bagi penggemar novel klasik.

 

  1. The 7 Habit of Highly Effective People (Stephen R Covey)

wikipedia.com

Berbeda dari dua buku sebelumnya, kali ini pilihan Mbak Afra jatuh pada jenis buku nonfiksi. The 7 Habits of Highly Effective People telah terjual lebih dari 15 juta eksemplar. Buku pengembangan diri yang telah dibaca oleh berjuta umat ini terbit pertama kali tahun 1989.

Sebagaimana yang tertulis dalam judulnya, Covey memaparkan kiat-kiat menjadi pribadi efektif melalui tujuh kebiasaan. Covey menyatakan pandangannya, bahwa untuk mencapai tujuan secara efektif, manusia perlu menyelaraskan diri pada apa yang disebutnya dengan prinsip etika karakter.

Dalam berbagai kesempatan, kalian yang hobi wara-wiri di seminar motivasi, akan akrab dengan kutipan-kutipan yang diambil dari buku ini. Buku ini telah menjadi semacam kitab sakti dalam dunia motivasi dan self improvement.

 

  1. Uncle’s Tom Cabin (Harriet Beecher Stowe)

Amazon.com

Dalam novel De Wints, Mbak Afra menyuarakan tentang persamaan hak dan pesan-pesan anti perbudakan. Hal yang selaras dengan muatan yang sebelumnya telah disuarakan oleh salah satu bacaan favoritnya ini. Uncle Tom’s Cabin, novel klasik Amerika yang ditulis oleh Harriet Beecher Stowe, novelis perempuan Amerika Serikat.

Uncle Tom’s Cabin bercerita tentang Uncle Tom, seorang budak paruh baya di daerah Kentucky. Kebangkrutan Keluarga Arthur Shelby membuat mereka harus menjual budak-budaknya, termasuk Uncle Tom. Selanjutnya, Uncle Tom dibeli oleh Augustine St. Claire, hingga kemudian kembali dijual dan dimiliki oleh Simone Legree. Uncle Tom meninggal di bawah kepemilikan Legree yang memperlakukannya dengan kejam.

Harriet Beecher Stowe menuliskan cerita ini dengan gaya melodrama khas penulis perempuan era itu. Novel ini dianggap menyerang nilai-nilai perbudakan yang telah mapan. Tidak mengherankan jika karya ini membuat gempar masyarakat Amerika.

Uncle Tom’s Cabin disebut-sebut sebagai novel terlaris di abad ke-19. Bukan hanya itu, pengaruh novel ini pun cukup fantastis. Sebuah keterangan menyebutkan, novel inilah salah satu penyulut Parang Saudara Amerika Serikat. Kuatnya pengaruh Uncle Tom’s Cabin di era itu memunculkan sebuah rumor, bahwasanya di tengah kecamuk Perang Saudara, Presiden Abraham Lincoln bertemu Stowe dan berkata, “Jadi, inikah Nona yang menyebabkan perang ini?”

 

  1. The Street Lawyer (John Grisham)

wikipedia.com

Novel-novel John Grisham cukup mudah didapatkan di dalam negeri, sebab sebuah penerbit mayor telah menerbitkan edisi terjemahannya.  John Grisham sendiri merupakan penulis Amerika Serikat yang memulai karier kepenulisannya sejak 1989 dan masih aktif hingga saat ini.

Sebagian besar karyanya adalah legal thriller, sub-genre thriller yang bercerita tentang kehidupan pengacara. Demikian pula The Street Lawyer. Berkisah tentang Michael Brocke pengacara yang tergabung dalam firma hukum raksasa, Drake & Sweneey. Kemapanan, gaji besar, karier bagus, dan kehormatan melimpahi kehidupan sebagai seorang Lawyer. Sebuah peristiwa lantas mengubah hidup Brocke, dan mendorongnya untuk memilih jalan hidup sebagai seorang martir.

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Oliver_Twist

https://en.wikipedia.org/wiki/Tom_Sawyer

https://en.wikipedia.org/wiki/The_7_Habits_of_Highly_Effective_People

https://en.wikipedia.org/wiki/Uncle_Tom%27s_Cabin

https://en.wikipedia.org/wiki/Harriet_Beecher_Stowe

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Street_Lawyer

https://en.wikipedia.org/wiki/John_Grisham

https://en.wikipedia.org/wiki/Legal_thriller

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *