Pelajaran dari Cerita ‘Teman Baru Jung Yun’

15870437_10208092181367595_1745840304_nOleh : Hairi Yanti

 

Anak-anak adalah peniru ulung. Mereka bisa meniru apa yang dilihat, didengar, dan juga dibaca. Pada sebuah artikel yang berjudul ‘Pembelajaran Sastra Anak’ yang disusun oleh Nur Yunitasari, Fitri Utami, dan M. Andrianto Adi K disebutkan kalau sastra mempunyai peranan penting dalam perkembangan kepribadian anak.

Tokoh-tokoh dalam karya sastra secara tidak sadar akan mendorong atau mempengaruhi anak-anak mengendalikan berbagai emosi, misalnya: benci, cemas, takut, bangga, angkuh, sombong, dan lainnya. Disini guru harus pintar-pintar memilih bacaan untuk anak yang didalamnya terdapat pesan, kesan moral bagi anak. (Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/mandriantoadik/pembelajaran-sastra-anak-anak_55546468b67e610116ba544c)

Teman Baru Jung Yun yang ditulis oleh Ungu Lianza merupakan salah satu contoh bacaan anak yang memberikan keteladanan positif dari tokoh di dalamnya. Jung Yun adalah anak Korea yang berusia 12 tahun. Suatu hari ia mendapatkan teman baru bernama Zaim. Zaim berbeda dengan teman-teman yang ia kenal sebelumnya.

Zaim adalah anak yang selalu tersenyum dan sangat supel. Tapi, Jung Yun tidak suka dengan perilakunya karena Zaim terlihat selalu tersenyum berlebihan. Suatu hari Jung Yun tau kalau orangtua Zaim ternyata berteman dengan orangtuanya. Hal itulah yang membuat mereka kemudian berteman.

Tidak seperti teman-teman yang lain, Zaim punya beberapa kebiasaan yang dinilai teman-teman Jung Yun sebagai keanehan. Seperti menghilang saat makan siang. Jung Yun pun menemukan Zaim tengah mendirikan shalat. Saat pelajaran olahraga berlangsung, Zaim juga tidak minum. Zaim mengatakan kalau ia berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

Zaim adalah murid yang pintar. Ia membantu Jung Yun saat akan menghadapi lomba sains tingkat nasional. Namun, teman-teman tetap tidak menyukai Zaim dan selalu menjelek-jelekkan Zaim. Apa yang akan dilakukan Jung Yun agar Zaim bisa diterima dengan baik oleh teman-temannya?

Melalui novel ‘Teman Baru Jung Yun’, anak-anak diberikan keteladanan lewat Tokoh Zaim yang baik hati, pintar, rajin, supel, dan tidak pendendam. Juga lewat tokoh Jung Yun dengan sikapnya yang tidak ingin teman-temannya salah paham pada Zaim. Membaca novel dengan latar tempat di Korea Selatan juga bisa menambah wawasan anak-anak tentang negara Korea. Ada beberapa informasi tentang Korea yang diselipkan dalam cerita, juga bahasa yang sehari-hari dipakai di sana.

Judul                          : Teman Baru Jung Yun

Penulis                        : Ungu Lianza

Penyunting                 : Ayu Wulan

Penerbit                      : Lintang Indiva

Tahun Terbit             : Cetakan Pertama, Oktober 2016

Tebal Buku                : 136 Halaman

Data Peresensi :

Nama             : Hairi Yanti

Twitter           : @yant165

Blog                : www.hairiyanti.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *