judul gambar
judul gambar
ArtikelUnggulan

Menerbitkan Buku di Indiva, Bagaimana Caranya?

judul gambar

Saya punya naskah nih, apakah Indiva bisa menerbitkan? Bagaimana caranya? Berapa biayanya? Pertanyaan tersebut sangat sering kami dapatkan. Bagi yang sudah pernah menulis dan menerbitkan buku di Indiva, pasti sudah paham. Tetapi, memang masih banyak yang belum mengerti. Jangan khawatir, kami akan membagikan jawaban dari berbagai pertanyaan seputar menerbitkan buku di Indiva Media Kreasi.

Buku Apa Saja yang Kami Terbitkan?

Ada beberapa lini di Indiva, masing-masing memiliki kekhasan dalam tema-tema buku yang diterbitkan.

Lintang dan PECI

Lini pertama adalah Lintang, ini untuk mewadahi buku-buku dengan segmen anak. Khusus untuk buku anak yang ditulis oleh anak, kami memberi nama wadah: PECI atau Penulis Cilik Indonesia. Tetapi,  penulis non PECI juga bisa kok, menulis buku untuk lini ini.

Buku Lintang ditujukan untuk anak yang sudah lancar membaca. Saat ini masih fokus pada cerpen dan novel anak. Kalau Sobat ingin menulis buku lini ini, tebal naskah sekitar 60-80 halaman atau sekitar 8-10 cerpen/chapter.

Motiva

Ada juga lini buku Motiva, yakni buku-buku tentang pengembangan diri, motivasi, psikologi popular, bisnis, marketing, dan pengembangan skill yang ditujukan untuk remaja maupun dewasa. Tebal naskah minimal 80 halaman.

Novela

Novel Indiva terdiri dari Gen Z yakni novel remaja dengan sasaran pembaca Gen Z, serta novel dewasa dengan pembaca yang lebih umum. Meskipun novelnya ditujukan untuk pembaca dewasa, bukan berarti diizinkan adanya adegan dewasa yang vulgar, semacam adegan suami istri. Tebal naskah untuk GenZ sekitar 80-150 halaman, untuk novel dewasa 100-200 halaman.

Sakina

Adalah lini untuk buku-buku tentang rumah tangga, seperti pernikahan, tips-trik membina keharmonisan rumah tangga, dan parenting atau pengasuhan anak. Tebal naskah antara 80-200 halaman.

Indiva Pustaka

Adalah lini untuk buku-buku tentang keagamaan, seperti fikih, ibadah, sirah nabi, dll. Tebal naskah antara 80-200 halaman. Mohon dilengkapi dengan referensi yang berkualitas.

Indiva Cendekia

Adalah lini untuk buku-buku tentang keilmuan dan buku ilmiah untuk perguruan tinggi. Tebal naskah antara 80-200 halaman. Mohon dilengkapi dengan referensi yang berkualitas.

Prosedur Pengiriman Naskah

  1. Naskah diketik rapi dengan ukuran kertas A4, spasi 1.5, huruf Time New Roman, font 12. Tebal naskah sesuai dengan lini masing-masing (silakan lihat di atas)
  2. File dijadikan 1, tidak terpisah-pisah, terdiri dari: a) Sinopsis lengkap dan selling point naskah; b) Naskah buku; c) Biodata penulis lengkap (disertai dengan NIK, no. NPWP, foto diri, alamat lengkap dan no HP aktif); d) kelengkapan buku lainnya, seperti  pengantar tokoh (jika ada), endorsement tokoh (jika ada), daftar pustaka, glossary, konsep kover dan ilustrasi (jika ada), dan berbagai program yang menyertai buku tersebut (jika ada).
  3. Naskah dikirimkan ke penerbitindiva1@gmail.com cc indiva_mediakreasi@yahoo.co.id
  4. Tim Editor akan menyeleksi naskah dan memberikan jawaban selambat-lambatnya 3 bulan setelah pengiriman naskah tersebut.
  5. Jika naskah lolos seleksi, Indiva akan menerbitkan buku tersebut dengan TANPA BIAYA, dan penulis mendapatkan hak berupa royalti atau uang beli putus naskah sesuai kesepakatan kontrak.

Indiva Mitra Pustaka

Selain penerbitan secara reguler seperti tersebut di atas, kami juga membuka kemitraan untuk penulis yang akan menerbitkan buku dengan pendanaan mandiri. Info lebih detil tentang Indiva Mitra Pustaka silakan baca: Terbitin Bukumu, Cuma dengan Biaya Sejutaan

Minat? Jangan ragu, segera terbitkan naskah terbaikmu di Indiva. [US].

judul gambar
Indiva Media Kreasi, penerbit buku di Kota Surakarta, telah berkhidmat sejak 1 Agustus 2007. Mengusung tagline: Sahabat Keluarga.

Related Posts

1 of 7

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *