judul gambar

False Dawn, Puppy Love, dan Tenis Meja

  • by

False Dawn: Memulangkan Kenangan bercerita tentang cinta remaja

Rijal, remaja SMA yang cenderung plegmatis, bertanggung jawab atas tindakannya sendiri, cukup pintar di kelas, dan memiliki selera humor yang lumayan. Selayaknya remaja pada umumnya, Rijal mulai tertarik pada lawan jenis. Ia jatuh hati pada Asma, teman seangkatannya. Sayang, gadis pujaannya itu pindah sekolah.

Kesempatan untuk kembali bertemu Asma, Rijal dapatkan saat ia mewakili sekolah di sebuah kompetisi tenis meja. Antusiame Rijal berujung kecewa. Asma bukan lagi Asma yang membuatnya jatuh cinta. Gadis itu telah berubah. Rijal patah hati.

Meski demikian, Rijal menemukan pelajaran penting:

“ di balik seluruh usaha bahwa tujuan besar harus dilandasi motivasi yang besar juga.”

 Tentang False Dawn

False Dawn atau fajar kazib sering juga disebut adalah cahaya memanjang yang tegak lurus dengan horizon.  Fenomena ini terjadi karena partikel debu dalam sistem surya memantulkan cahaya matahari hingga sampai ke mata kita yang sedang mengamati langit.

 Istilah False Dawn pertama kali muncul dalam novel di halaman 18.

Tentang tenis meja

Menjelang pengiriman naskah False Dawn dalam Kompetisi Menulis Indiva 2020, YF Rijal membuka Instagram. Kebetulan saat itu akun resmi Penerbit Indiva me-repost unggahan Nicco Machi tentang novel kerennya, Perempuan Misterius.  Unggahan itu dikomentari Mbak Afifah Afra, “Belum pernah

nyobatenis lapangan. Kalau tenis meja sih, lumayanlah.”

YF Rijal menimpali komentar tersebut, “Ya sudah. Saya bikinkan novel remaja tentang tenis meja biar di-review Mbak Afifah Afra nantinya.” Semoga Mbak Afifah dan Mbak Nicco membaca ini. Biar  dapat review dan novel sekaligus.

Funfact di balik proses kreatif

  • Novel ini diangkat dari pengalaman pribadi YF Rijal.  
  • Naskah awal novel ini telah ditulis sejak lama. Akan tetapi penulisan sempat terhenti lantaran kesibukan, dan baru rampung pada 2020.
  • Yf Rijal memiliki teknik menulis unik, yakni  lompat-lompat, termasuk dalam menulis novel ini. Ending selesai lebih dulu ketimbang konflik cerita.
  • Sebelum naskah dikirim ke Kompetisi Menulis Indiva, YF Rijal minta masukan pada istri (cie). Btw, istri YF Rijal juga alumnus Insan Madani lo. Ehem… jangan-jangan istri Kak Rijal itu Asma di dunia nyataXD

Harapan YF Rijal untuk novel False Dawn: Memulangkan Kenangan

Semoga cerita Rijal dan Asma menjadi pengingat bahwa motivasi harus tepat dan kuat. Menggantungkan harapan pada makhluk yang lemah dan sering salah akan berujung kecewa lara. Yang menjadi sandaran haruslah lebih kuat dari yang bersandar dan yang disandarkan.

Rekomendasi playlist lagu yang bisa kamu dengarkan sembari membaca False Dawn: Memulangkan Kenangan

Bagi kalian yang suka baca buku sambil medengarkan lagu, YF Rijal merekomendasikan lagu Seize the Day Avenged Sevenfold dan Never Say Never-nya Justin Bieber kayaknya juga pas kalau dilihat dari perjuangan di tenis mejanya.

False Dawn: Memulangkan Kenangan

Judul                : False Dawn: Memulangkan Kenangan

Penulis             : YF Rijal

ISBN                : 978-623-253-048-5

Kenangan itu seharusnya tak pernah ada. Sebab telanjur tersimpan di benak, mungkin kini saatnya aku harus memulangkannya. Memulangkan kepada ketiadaan.

Kaki langit pun memancarkan cahaya. Memanjang seperti ekor serigala. Inilah fajar dusta. Fajar yang tak kuharapkan kemunculannya.

Profil Yf Rijal

YF Rijal lulus SMA Insan Madani Meukek pada 2009 dan kembali ke Insan Madani pada 2015. Saat ini, diamanahkan mengelola SD IT Insan Madani Meukek.

Novel pertamanya, Di Bawah Langit Madani  (Grasindo, 2015), memenangkan Kompetisi Tulis Nusantara Kemenparekraf pada 2014. Novel yang ada di tangan pembaca ini merupakan karya solo kedua.

Rijal bisa dihubungi di Instagram @yfrijal atau @mensyairkan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

judul gambar