judul gambar
judul gambar
Artikel

Mau Menulis, Tapi Tak Punya Ide?

judul gambar

Menjadi seorang penulis yang produktif tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Rasanya bahagia dan bangga jika kita bisa menyumbang ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat, bukan? Apalagi jika tulisan kita tersebut lolos seleksi penerbit, lalu dicetak, disebar ke khalayak dan best seller. Wah, kegembiraan kita bisa semakin melimpah ruah.

Sayangnya, menjadi seorang penulis itu tidak mudah. Salah satu kendala yang mungkin sering dihadapi adalah: tak punya ide untuk menulis. Nah, kalau ini masalahnya, yuk, perhatikan lima saran dari kami ini agar kita bisa mendapatkan lebih banyak ide untuk menulis.

Melakukan Observasi

Dalam KBBI, observasi dimaknai sebagai “peninjauan secara cermat”, atau mengawasi dengan teliti, atau mengamati. Observasi bisa kita lakukan dengan lingkungan sekitar kita sebagai obyek. Misal, saat belanja ke pasar, kita sekaligus melakukan observasi, apa yang terjadi di pasar, bagaimana suasana jual beli yang berjalan, apa saja barang-barang yang kita dapati, atau bagaimana tipe dan karakter orang yang bertemu kita.

Pengalaman Pribadi

Setiap orang pasti punya pengalaman pribadi, bukan? Jangan sepelekan, sebab ide sering kali muncul dari pengalaman sehari-hari atau refleksi atas peristiwa yang kita alami. Biasakan melakukan pencatatan kegiatan sehari-hari dalam jurnal atau buku harian. Selain menjadi sumber ide, catatan ini akan mengingatkan kita detil-detil peristiwa yang terjadi, terlebih saat kita sudah mulai tua dan menurun daya ingatnya.

Membaca

Membaca, baik buku, artikel, berita, bahkan sekadar status media sosial, ternyata bagus juga digunakan untuk mendapatkan inspirasi. Pengetahuan baru dan sudut pandang yang berbeda dari apa yang Anda baca dapat memicu ide-ide menarik untuk ditulis. Tapi ingat, ketika kita menulis sesuatu yang idenya didapatkan saat membaca, jangan dituliskan apa adanya, karena bisa terjebak plagiarisme. Bacaan hanya merupakan referensi dari tulisan-tulisan kita yang akan mampu memperkuat ide-ide kita yang seharusnya orisinil.

Diskusi

Berbicara dengan orang lain tentang topik-topik yang menarik, juga bisa memicu munculnya banyak pemikiran baru. Saat kita sedang bersama orang lain misal di kereta, di bus, pasar, atau sekadar makan malam dengan sahabat, kita bisa mengisi dengan ngobrol tentang berbagai permasalahan yang terjadi di saat-saat ini. Diskusi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja dapat membuka pemikiran Anda dan memunculkan ide-ide baru.

Latihan Kreatif

Memang ada beberapa jenis pelatihan kreatif yang ditujukan khusus untuk mendapatkan ide. Jangan segan untuk mengikutinya dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Observasi Media Sosial dan Trending Topics

Tinjau apa yang sedang tren di media sosial, blog, atau situs berita. Topik-topik yang sedang populer atau kontroversial sering kali menjadi sumber ide menarik untuk ditulis. Bahkan, ide-ide yang berasal dari trending topics ini bisa memicu tulisan-tulisan yang sifatnya up to date dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan ide, jika kita memang sedang ingin menulis. Yuk, kita coba! [AA].

judul gambar
Indiva Media Kreasi, penerbit buku di Kota Surakarta, telah berkhidmat sejak 1 Agustus 2007. Mengusung tagline: Sahabat Keluarga.

Related Posts

1 of 5

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *