judul gambar
judul gambar
Artikel

5 Kiat Menggapai Sukses

judul gambar
Sukses adalah tanda bahwa kita memiliki pencapaian atau prestasi.  Jika ditarik dari garis kehidupan, sukses biasanya merupakan keberhasilan yang bersifat akumulatif, dan sifatnya jangka panjang. Pengusaha sukses misalnya, bukan berarti dia tidak pernah gagal. Tetapi, jika diakumulasikan, keberhasilannya lebih banyak dari kegagalannya. Sukses adalah akumulasi dari prestasi, bahkan seringkali, prestasi-prestasi kecil.

Siapa yang tak ingin menjadi pribadi sukses? Semua orang pasti menginginkan. Sukses adalah tanda bahwa kita memiliki pencapaian atau prestasi.  Menurut KBBI, secara bahasa, sukses berarti berhasil, atau beruntung. Jika ditarik dari garis kehidupan, sukses biasanya merupakan keberhasilan yang bersifat akumulatif, dan sifatnya jangka panjang. Pengusaha sukses misalnya, bukan berarti dia tidak pernah gagal. Tetapi, jika diakumulasikan, keberhasilannya lebih banyak dari kegagalannya. Sukses adalah akumulasi dari prestasi, bahkan seringkali, prestasi-prestasi kecil.

Bagaimana cara agar bisa menjadi sosok yang sukses? Ada beberapa tips sebagai berikut.

Tentukan Tujuan yang Jelas

Tujuan yang fix ini menjadi semacam arah dalam kehidupan. Bagaimana rasanya berjalan tanpa arah? Kita akan terus berputar-putar menghabiskan energi, tanpa tahu hendak kemana. Miliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Sobat capai. Menurut para pakar manajemen, tujuan mestinya bersifat SMART, yaitu Specific atau jelas, spesifik, Measurable alias terukur; Achieved atau dapat dicapai, Relevant yakni sesuai dengan kondisi, dan Time bound atau berbatas waktu (SMART). Tujuan yang jelas akan memberikan arah dan motivasi yang lebih kuat.

Buatlah Planning

Planning mirip sebuah peta, atau maket yang dijadikan rancangan sebuah proyek pembangunan. Bayangkan jika Sobat memasuki suatu wilayah tanpa peta di tangan. Atau membangun sebuah rumah tanpa desain, apalagi maket. Pasti akan banyak tersesat. Setelah menetapakn tujuan yang SMART, buatlah rencana langkah-langkah yang realistis yang perlu diambil untuk mencapainya. Pecahlah tujuan besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan terkelola. Rencana ini akan membantu Anda melihat perkembangan dan memberikan rasa pencapaian yang terus-menerus.

Fokuslah Pada Proses, Bukan Hasil

Membayangkan hasil kadang menjadi mimpi buruk, atau justru menjadi harapan muluk, saking khawatir atau malah terlalu optimisnya kita kita apakah rencana kita akan menanggung kerugian atau sukses besar. Maka, jangan terlalu memikirkan hasil. Fokuslah pada proses dan usaha yang Sobat lakukan setiap hari. Nikmati perjalanan menuju kesuksesan, karena itu adalah bagian yang paling berharga dan memuaskan.

Semangati Diri, dan Hadapi Rintangan yang Muncul

Jalan menuju sukses tidak selalu mudah, bahkan seringkali penuh dengan rintangan. Jadi, terus semangati diri, dan bersemangatlah untuk menghadapi berbagai kendala yang muncul. Setiap satu kendala muncul, lalu kita bisa menyelesaikannya, berarti kita akan naik kelas. Kita semakin prigel dalam menghadapi problematika kehidupan. Jadi, jangan pernah lari dari kenyataan. Sobat tidak akan menjadi hebat meskipun mendapatkan juara lomba lari, lari dari kenyataan, hehe.

Jangan takut pula dengan tugas-tugas yang menantang, dengan catatan, tantangan itu terukur (measurable) alias dapat dicapai. Persepsikan sebuah rintangan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh.

Jaga Keseimbangan dan Kesehatan

Keseimbangan adalah hal penting, sangat penting, bahkan mungkin terpenting. Seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani. Seimbang antara asupan pikiran, ruhiyah, mental dan fisik. Seimbang antara me time, friends time, family time dan work time. Dan seterusnya. Juga jangan pernah mengabaikan faktor kesehatan, baik kesehatan mental maupun fisik, juga mungkin kesehatan finansial, kesehatan ruhiyah, kesehatan psikologis, kesehatan sosiologis, dan sebagainya.

Ingatlah bahwa semangat tidak selalu konstan, sebagaimana iman yang juga bisa naik dan turun, tetapi Sobat bisa membangunnya melalui komitmen, disiplin, dan sikap positif terhadap jalan panjang menuju kesuksesan. Jangan ragu pula untuk mencari inspirasi dari orang-orang yang Sobat kagumi namun tetap menjadikan apa yang telah Sobat rancang sebagai visi utama.

Penulis: Yeni Mulati, MM, M.Psi (CEO Indiva Media Kreasi)

judul gambar
Indiva Media Kreasi, penerbit buku di Kota Surakarta, telah berkhidmat sejak 1 Agustus 2007. Mengusung tagline: Sahabat Keluarga.

Related Posts

1 of 5

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *