Dalam setahun, ternyata anak yang sudah memiliki tradisi membaca yang baik, membutuhkan sekitar 120 hingga 130 judul buku dalam setahun! Pernyataan tersebut terucap dari penulis dan psikolog Sinta Yudisia Wisudanti Psi, M.Psi dalam seminar online (webinar) yang diselenggarakan oleh penerbit Indiva Media Kreasi.

“Berdasarkan jurnal-jurnal psikologi yang saya baca, anak yang malas memang hanya membaca sekitar 8000 kata dalam setahun, atau sekitar 40 halaman buku dalam setahun. Tetapi, anak yang keranjingan membaca, bisa membaca sekitar 1.800.000 kata atau 9000 halaman dalam setahun, atau sekitar 120-130 buku untuk buku ukuran PECI/Lintang,” papar Sinta.

Seminar yang berlangsung pada Rabu (5/8/2020) jam 13.00 s.d. 15.00 WIB itu menghadirkan dua penulis yang cukup produktif dan banyak menerbitkan buku di Indiva Media Kreasi. Selain Sinta Yudisia, hadir juga sastrawan S. Gegge Mappangewa. Afifah Afra atau Yeni Mulati, S.Si, M.M yang merupakan CEO PT Indiva Media Kreasi, bertindak sebagai moderator.

Karena kebutuhan membaca anak-anak yang bertradisi literasi bagus itu sangat tinggi, maka Sinta berharap agar penerbit-penerbit macam Indiva, lebih banyak lagi menerbitkan buku-buku anak. Saat ini, Indiva baru menerbitkan sekitar 24 hingga 36 judul buku anak dalam setahun. “Itu masih sangat kurang, mbak Afra,” ujar penulis yang akrab dipanggil sebagai Mbak Sinta itu.

Afifah Afra pun menjawab saran Mbak Sinta dengan pernyataan kesiapan, bahwa Indiva akan berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Itu berarti, bahwa Indiva akan terpacu untuk lebih banyak menerbitkan buku-buku anak. “Tetapi, tentu saja tergantung kesediaan naskah, yang merupakan tanggung jawab para penulis,” timpal Afifah Afra.

Untuk menyimak jalannya acara webinar, silakan ikuti di channel YOUTUBE ini!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *